Cara Memilih Kost-kostan yang Aman

by
May 5th, 2015 at 2:49 pm

CiriCara.com – Buat kamu yang mau nerusin kuliah di luar kota tentu harus memilih tempat kost untuk tinggal selama menempuh pendidikan. Tidak hanya memperhatikan soal harga, kamu juga harus memperhatikan faktor keamanan di tempat kost tersebut.

Tempat kos yang aman

Tempat kos yang aman – Ist

Pasalnya banyak tempat atau rumah kos yang dijadiin tempat mesum. Kamu tentu tidak mau dong terjerumus dalam pergaulan bebas semacam itu? Kan kasihan orang tua kamu yang udah banting tulang buat ngumpulin biaya kuliah.

Nah, buat ngebantu kamu dalam memilih tempat kost, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti:

1. Dekat pemilik kost

Pilih tempat kost yang lokasinya berdekatan dengan rumah si pemilik kost. Selain bisa mempermudah kamu saat bayar uang kost, hal ini juga bisa menjaga keamanan kamu. Jadi misalkan ada apa-apa kamu bisa langsung menghubungi pemilik kost.

2. Punya aturan

Banyak yang mengaku tidak bebas karena ngekost di tempat yang banyak aturan, seperti batas jam berkunjung, dilarang berisik, dll. Padahal aturan tersebut dibuat juga demi keamanan para penghuni kost. Karena umumnya kejahatan itu terjadi pada saat malam.

3. Tidak campur

Pilih kost yang hanya untuk perempuan atau laki-laki saja. Jangan pilih kost yang campur atau bisa menerima perempuan dan laki-laki. Kenapa? Hal ini tentu tidak aman dan bisa menjerumuskan kamu ke hal negatif. Apalagi jika ada laki-laki hidung belang.

4. Ada ruang tamu

Saat meninjau tempat kost, coba kamu lihat apakah ada ruang tamunya atau tidak. Jika tidak ada, sebaiknya cari tempat kost yang lain. Ruang tamu ini bisa dipakai untuk kamu menemui teman atau pacar yang berkunjung ke tempat kost. Jadi kamu nggak perlu ngajak pacar ke kamar, kan sudah ada ruang tamu.

5. Lihat penghuni

Selain tempat dan fasilitas kost, kamu juga harus memperhatikan penghuni kost tersebut. Apakah mereka terlihat seperti orang yang baik atau justru sebaliknya. Tinggal bersama penghuni kost yang tidak baik tentu akan membuat kamu merasa terganggu dan tidak tenang.

Selain kelima cara di atas, kamu juga harus punya komitmen sendiri. Yakni tidak melanggar aturan kost dan juga tidak membawa pacar ke dalam kamar secara diam-diam. Karena biasanya ada saja penghuni kost yang nekat bawa masuk pacarnya dan akhirnya malah jadi masalah. So, mulailah dari diri kamu sendiri. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini