4 Peristiwa di Bulan Rajab

by
May 6th, 2015 at 3:08 pm

CiriCara.com – Bagi umat muslim di dunia bulan Rajab merupakan bulan yang istimewa, bulan Rajab terjadi pada bulan ke tujuh dalam penanggalan agama Islam yaitu Hijriah. Pada bulan rajab ada peristiwa suci dimana Nabi Muhammad SAW diperintah oleh Allah SWT guna menjalankan sholat lima waktu dan diyakini terjadi pada 27 Rajab ini.

Bulan Rajab

Ist

Selain peristiwa tersebut, ada lagi peristiwa yang unik lainnya yang terjadi di bulan Rajab ini:

1. Isra Mi’raj

Tepat pada malam 27 Rajab Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul, melakukan perjalanan tercepat dan tersingkat karena dilakukan cukup semalam saja dan ini bukan sesuatu yang mustahil. Perjalanan diawali dari Masjidil Haram menuju Masjid Al Aqsha di Baitul Maqdis Palestina. Peristiwa tersebut boleh dikata sebagai hiburan yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

2. Bebasnya Baitul Maqdis Palestina

Pada tanggal 27 Rajab 583 Hijriah seorang Ulama Shalahudin Al Ayuubi beserta pasukan golongan muslimin, bergerak, menggempur dan mengepung sekaligus membebaskan tanah Palestina yang bertahun-tahun dikuasai oleh golongan dan pasungan Salibis. Dan pembebasan tersebut tidak ada perlawanan dari pasukan Salibis.

3. Dihapusnya Sistem Khilafah

Sekitar 28 Rajab 1342 H. Mustafa Kemal At-Tarturk merupakan keturanan dari kaum Yahudi dari suku Dunamah sekaligus seorang agen mata-mata dari negara Inggris telah menghapuskan sistem pemerintahan dengan Khilafah yang kemudian diganti dengan sistem pemerintahan Republik. Sehingga sejak saat itu malapetaka dan musibah bertubi menimpa umat Islam pada umumnya, karena aturan Syareat Islam dihilangkan dan diganti dengan aturan yang berpijak kepada ideology Sekuler-Kapitalis. Kaum muslimin yang dahulunya berada dalam satu kesatuan wilayah kini telah terpecah belah menjadi negeri-negeri kecil yang disekat-sekat dan dibatasi secara territorial.

4. Terjadinya perang Tabuk atau Ghazwah Tabuk

Peristiwa ini terjadi pada bulan Rajab 9 Hiriyah yang bertepatan pada bulan Oktober 631 Masehi. Perang ini dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad SAW dan merupakan perang terakhir beliau. Perang tabuk sendiri dilakukan di kawasan padang pasir yang sangat panas dan gersang, daerah tersebut berlokasi di bagian utara semenanjung Arab yang jauh dari kota Makkah dan Madinah.

Penulis: MasArif

Artikel lainnya: Tata Cara Puasa Rajab

Comment di sini