5 Manfaat Buah Delima

by
May 6th, 2015 at 9:52 am

CiriCara.com – Buah delima atau Punica Granatum merupakan kelompok buah-buahan yang dapat tumbuh hingga ketinggian 8 meter. Tumbuhan ini berasal dari negara Iran, kemudian berkembangbiak hingga ke daerah Mediterania, kemudian Spanyol di daerah Granada, berkembang di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara.

buah delima

Buah delima – Ist

Tanaman buah delima ini bisa hidup di daerah subtropik sampai tropik dan dari dataran rendah sampai di bawah 1000 meter dibawah permukaan laut, juga bisa tumbuh yang penting tanahnya gembur tetapi tidak terendam air. Tumbuhan delima sering ditanam di kebun atau di halaman sebagai tanaman hias, bisa juga tanaman obat atau buahnya yang bisa dimakan bila sudah masak.

Ciri-ciri dari tumbuhan delima tersebut mempunyai struktur pohon yang kecil, batangnya berkayu, ranting-ranting persegi dan mempunyai cabang yang banyak, agak lemah dan mempunyai duri-duri pada ketiak daunnya, agak kecoklatan ketika masih muda kadang juga hijau kotor setelah menjadi tua. Sifat daunnya tunggal, bertangkai pendek, berkelompok. Setiap helaian daun bentuknya agak lonjong, pangkalnya lancip, ujungnya tumpul tepi daun rata, menyirip, mengilap permukaannya dan panjang mencapai 1-9 sentimeter, lebar sekitar 2,5 centimeter dan warna daun hijau.

Tumbuhan delima ini sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama buahnya sebagai alternatif dalam penyembuhan atau pengobatan beberapa penyakit, seperti:

1. Pengobatan Kanker. Pada buah delima memiliki manfaat dan berkhasiat untuk pencegahan dan mengobati berbagai jenis kanker. Pada sari-sari buah delima dapat menghancurkan sel-sel kanker, seperti kanker payudara. Pada ekstrak biji delima dapat difermentasi dalam pencegahan pembentukan sel kanker, sehingga dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker yang baru.

2. Menurunkan kolesterol. Antioksidan pada buah delima berkhasiat untuk mengurangi oksidasi LDL (kolesterol jahat) pada hewan tikus, dan meningkatkan HDL (kolesterol baik)

3. Bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Bagi yang mempunyai riwayat penyakit tekanan darah yang tinggi dapat diobati dengan mengkonsumsi 1,7 ons jus delima setiap hari, dengan ini maka sistolik pada darah sebanyak 5 persen diturunkan.

4. Alternatif melindungi otak bayi. Bagi ibu hamil yang ingin bayinya sehat dan cerdas, disarankan mengkonsumsi jus delima selama kehamilan karena dapat membantu perkembangan otak bayi menjadi sehat dan terhindari dari kelahiran traumatik.

5. Pelindung kesehatan gigi. Mengkonsumsi jus buah delima adalah cara alami untuk pencegahan plak pada gigi, manfaat buah ini sama dengan manfaat buah manggis baik dari kulit atau buahnya. Buah delima ini dapat dijadikan sebagai pelindung gigi, dari gigi keropos, gigi berlubang.

Penulis: MasArif

Comment di sini