Cegah Korupsi, China Larang Keluarga Pejabatnya Berbisnis

by
May 6th, 2015 at 10:20 am

CiriCara.com – Ada-ada saja aturan dari negara ini, Pemerintah dari kota Shanghai, China membuat peraturan dimana isi peraturan tersebut melarang anak-anak para pejabat senior dan pasangannya untuk melakukan bisnis di kota itu. Hal ini dikarenakan untuk upaya membatasi dan mengurangi aksi tindakan suap dan korupsi.

koruptor

Korupsi – Ist

Bayangkan saja, kota yang menjadi ikon atau pusatnya perekonomian di negara China itu membuat suatu keputusan yang sangat ketat. Terlebihnya lagi, keputusan itu merupakan keputusan pertama yang dibuat oleh negara China untuk melarang melakukan bisnis atas dasar kekeluargaan. Aturan yang dibuat oleh negara China pada tanggal 4 Mei 2015 tersebut, melarang bahwa suami dan istri pejabat dari kementrian melarang untuk melakukan suatu usaha bisnis di kota Shanghai.

Bukan hanya suami dan istri pejabat saja yang tidak boleh melakukan bisnis di kota shanghai itu, melainkan anak-anak yang masih keturunan dari para pejabat juga dilarang untuk melakukan suatu bisnis di kota Shanghai

Aturan ini memang dibuat untuk mencegah terjadinya kasus korupsi di negara China tersebut. Aturan itu merupakan bukti langkah kongkrit sejak dipimpin oleh Presiden yang bernama Xi Jinping pada bulan November 2012. Dalam kepemimpinannya tersebut, Xi Jinping pernah mengkampenyakan untuk memberantas kasus korupsi dan sejauh ini, kota Shanghai sudah berhasil menjerat kasus korupsi sebanyak 100.000 orang pejabat dari berbagai tingkatan level.

Hal yang paling mengagetkan di China ialah terdapat seorang pejabat yang terjerat kasus korupsi tersebut. Dia adalah Zhou Yongkang yang merupakan mantan kepala keamanan dalam negeri dan juga disebut-sebut sebagai pejabat paling tinggi yang terkena kasus korupsi.

Karena aturan ini sudah dibuat oleh pemerinta China, maka hingga saat ini pejabat China wajib untuk menyerahkan daftar nama keluarga dan kerabat mereka yang memiliki bisnis di kota Shanghai itu.

Salah satu pengakuan dari Ying Yong yang merupakan wakil Sekretaris Komite Partai Komunis di kota Shanghai menyatakan bahwa pemerintah kota khususnya akan menghentikan sekaligus memaksa mereka untuk berhenti melakukan bisnis di kota Shanghai tersebut.

Sumber: Kompas.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini