Ini Makanan untuk Pengganti Nasi

by
May 6th, 2015 at 2:45 pm

CiriCara.com – Di Indonesia, Nasi memang menjadi hal biasa dikonsumsi untuk rutinitas sehari-hari. Bahkan, masyarakat sering acap kali untuk makan nasi sebanyak tiga kali sehari dan hal itulah yang beranggapan masyarakat Indonesia selalu kenyang bila sudah makan nasi.

ubi jalar

Macam-macam ubi jalar – Ist

Bukan hanya itu saja, banyak orang beranggapan bahwa salah satu sumber karbohidrat yang paling banyak adalah nasi dan nasi membuat seseorang untuk cepat kenyang ketimbang dengan makanan lain. Padahal yang mesti kamu ketahui, orang juga tidak harus memakan nasi sebanyak tiga kali sehari.

Makanya jangan heran, bahwa konsumsi beras yang ada di Indonesia selalu saja meningkat pada tiap tahunnya. Tahukah kamu, negara Indonesia ini merupakan konsumsi beras paling tinggi di dunia ini. Menurut laporan dari BPS (Badan Pusat Statistik) menyatakan, konsumsi beras untuk masyarakat Indonesia mencapai 312g/kapita/hari atau 114kg/kapita/tahun.

Sebenarnya, Indonesia menyimpan suatu potensi yang banyak khususnya untuk memenuhi asupan karbohidrat dalam tubuh. Bukan hanya nasi saja, melainkan bisa mengonsumsi umbi-umbian, singkong dan jagung. Padahal makanan tersebut juga sama-sama memiliki kandungan karbohidrat seperti nasi. Kalau digambarkan dengan bentuk piramida, bahwa posisi karbohidrat menempati dasar piramida itu sendiri. Arti dari penempatan dasar piramida tersebut menyatakan bahwa karbohidrat lah yang memiliki peran yang sangat banyak untuk tubuh dibandingkan dengan kandungan lain seperti lemak, protein, dan mineral.

Menurut ahli gizi yang bernama Luciana B Sutanto yang dilansir dari laman kompas.com menyatakan, untuk mengonsumsi nasi tidak harus serta-merta mengonsumsi tiga kali sehari. Sebaiknya diselingi dengan makanan lain namun memiliki kandungan karbohidrat yang sama seperti nasi seperti singkong, ubi jagung, dan kentang. Hal ini bertujuan agar untuk mendapatkan karbohirat secara bergatian yang tidak harus pada makanan nasi saja.

Perlu kamu ketahui pula, kita setiap harinya membutuhkan karbohirat sebanyak 50 hingga 60 persen demi memenuhi akan kebutuhan tubuh tiap harinya. Maka dari itu, jumlah karbohidrat yang diinginkan oleh tubuh setiap harinya, tidak harus juga mengonsumsi nasi sebanyak tiga kali sehari.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini