Fakta Menarik Tokoh-tokoh Dunia

by
May 7th, 2015 at 9:58 am

CiriCara.com – Siapa yang tak kenal dengan Barack Obama atau Oprah Winfrey, dua tokoh terkenal dari negeri Paman Sam. Barack Obama adalah keturunan Afrika pertama yang jadi Presiden di negeri super power tersebut. Sementara itu Oprah, adalah wanita berdarah Afrika yang jadi pesohor dunia.

Obama batal datang ke KTT APEC /

Obama batal datang ke KTT APEC / Ist.

Jadi Presiden Amerika, tentu bobot pengaruhnya berbeda dengan presiden-presiden negara lain. Sebagai negara adidaya, Amerika adalah negara paling berpengaruh di dunia. Lihat saja kekuatan militernya yang jadi kekuatan terbesar, mungkin juga terkuat di Amerika. Karena itu, posisi Presiden Amerika bobotnya lain. Titah Amerika, seperti titah dunia.

Dan, siapa yang tak kenal dengan Bill Gates, pemilik sekaligus pendiri raksasa perusahaan teknologi informasi Microsoft. Bill adalah orang paling kaya sejagat. Namun acapkali kita hanya sebagian kecil saja informasi dari para tokoh dunia. Itu pun hanya yang umum-umum saja. Padahal banyak fakta menarik dari para tokoh dan pesohor dunia. Misalnya, Obama, Bill Gates dan Oprah, ternyata mereka adalah orang ‘kidal’. Bahkan oleh Majalah Time, ketiganya dinobatkan sebagai tokoh kidal paling terkenal di dunia.

Lalu siapa pula yang tak tahu Adolf Hitler, pemimpin Nazi yang sempat membuat dunia terguncang dengan sepak terjangnya semasa era perang dunia II. Ya, Hitler adalah tokoh dunia kontroversial. Ia dituding sebagai tokoh utama dibalik genosida kaum Yahudi, lewat kamp-kamp konsentrasinya. Amerika sendiri, adalah negara yang pernah melawan Hitler, kala sang pemimpin Nazi itu memimpin Jerman.

Ternyata ada fakta menarik tentang Hitler. Pemimpin Nazi itu, walau sering dicap pemimpin kejam, ternyata punya hobi yang jauh dari cap kejamnya. Hitler suka melukis. Dan ia suka melukis sketsa tokoh-tokoh dalam kartun Walt Disney yang notabene adalah produk Amerika Serikat, negara yang jadi musuhnya saat kecamuk di perang dunia II.

Fakta menarik lainnya dari tokoh dunia adalah tentang Jose Mujica, Presiden Uruguay. Jose adalah Presiden terlangka dimuka bumi. Dia disebut sebagai Presiden termiskin di dunia. Meski begitu, dia adalah Presiden yang paling murah hati di muka bumi. Bayangkan, ia donasikan 90 persen gajinya sebagai Presiden Uruguay untuk kegiatan amal. Kini Presiden paling miskin dan murah hati itu telah pensiun.

Lalu siapa kepala pemerintahan yang paling besar gajinya? Ternyata kepala pemerintahan yang paling tinggi gajinya datang dari kawasan Asia Tenggara. Dia adalah Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong. Gaji PM Lee, mencapai 20 miliar per tahun.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini