5 Cara Sederhana untuk Mencegah Risiko Kanker

by
May 8th, 2015 at 9:38 am

CiriCara.com – Para ilmuan kesehatan menilai, risiko kanker yang sering ditakutin oleh manusia sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan hal-hal yang positif seperti menjaga berat badan, aktif secara fisik dan melakukan diet yang sehat. Bukan hanya itu saja, sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Mau tahu apa sajakah itu?

kanker payudara

kanker payudara – Ist

Simak ulasannya berikut ini seperti yang dikutip dari laman merdeka.com untuk mengetahui cara sederhana dalam mencegah risiko penyakit kanker.

- Makan wortel mentah

Untuk mencari cemilan sehat, tak usah beli mahal-mahal, cukup sediakan wortel mentah saja. Selain bisa dijadikan cemilan sehat, wortel mentah juga berguna buat kamu yang ingin menjalankan program diet sehat. Perlu kamu ketahui juga, penyakit obesitas atau disebut juga kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko 10 jenis kanket. 10 jenis kanker tersebut melibatkan kanker hati, kanker payudara, dan kanker usus di dalam perut.

- Roti gandum

Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa roti memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Serat pada roti tersebut dapat membuat kamu kenyang cukup lama. Dengan begitu, kamu bisa mempertahankan berat badan kamu lebih mudah, dan yang lebih pentingnya lagi, kamu pun juga dapat terhindar risiko terkena penyakit kanker berkaitan berat badan yang kamu miliki.

- Kurangi garam

Hati-hati buat kamu yang memang suka mengonsumsi garam yang berlebih, hal ini dapat menyebabkan tekanan darah kamu naik dan dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit kanker perut. Peneliti kesehatan pun menyatakan, lapisan lambung pada seseorang rusak juga bisa disebabkan karena seseorang mengonsumsi garam berlebih dan dapat meningkatkan risiko kanker perut.

- Batasi daging merah

Ungkapan para ilmuan mengenai daging merah dirasa cukup kuat dalam masalah kesehatan. Ungkapan tersebut menyatakan bahwa daging merah bila dikonsumsi oleh seseorang secara berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit kanker usus. Daging merah bisa dikatakan dapat meningkatkan kanker usus disebabkan karema memiliki senyawa yang bisa merusak lapisan usus. Cara yang terbaik untuk menghindari risiko usus tersebut ialah dengan membatasi pola makan seseorang terhadap daging merah. Konsumsi daging merah yang baik untuk manusia adalah dengan mengonsumsi daging merah sebanyak satu kali dalam seminggu.

- Berdiri saat menerima telepon

Memang kita sebagai manusia sering kali menganggap remeh terhadap aktivitas-aktivitas kecil yang sering kita alami. Padahal aktivitas kecil seperti menggunakan tangga dan berjalan sambil mengobrol dengan handphone adalah suatu perbuatan yang bisa mencegah timbulnya risiko penyakit kanker. Jika aktivitas jenis tersebut sudah menjadi kebiasaan atau rutinitas setiap hari, hal ini dapat membantu kamu untuk mencegah terjadinya risiko kanker.

Itulah 5 cara sederhana dan mudah yang bisa kamu lakukan demi mencegah timbulnya penyakit kanker. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini