Apa Itu Rundown Acara?

by
May 8th, 2015 at 9:20 am

CiriCara.com – Ada yang pernah dengar istilah ini? Rundown acara? Mungkin istilah ini tidak sering terdengar secara umum. Namun istilah ini sering digunakan untuk mereka yang tengah mengadakan sebuah acara. Jadi secara sederhana saya akan jelaskan tentang apa yang dimaksud dengan rundown acara.

Rundown Acara

Ist

Rundown acara merupakan susunan acara yang dibuat oleh panitia sebuah acara. Nah, susunan acara ini lengkap beserta jam dan penjelasan mengenai acaranya. Lalu apa sih gunanya dari rundown acara ini?

1. Agar Acara Lebih Teratur

Dalam rundown acara ditulis lengkap mengenai acara apa dan bagaimana nanti acara akan berlangsung. Susunan acara yang dimulai dari awal hingga akhir. Salah satu gunanya adalah agar acara yang berlangsung lebih teratur. Jadi misalnya setiap bagian acara akan diatur secara lengkap dan teratur. Jadi tidak berantakan. Jadi kita tahu urutan acara tersebut mana yang lebih baik. Hal ini juga berguna agar tidak menimbulkan kebingungan saat acara berlangsung nanti.

2. Menghemat Waktu

Dengan adanya rundown acara, maka kita bisa menghemat waktu. Atau minimal kita bisa menentukan berapa lama acara kita akan berlangsung. Karena dalam rundown acara juga akan ditulis berapa lama acara tersebut akan berlangsung. Misalnya acara kata sambutan dua puluh menit, lalu acara opening lima belas menit dan bagian acara lainnya. Jadi dengan demikian kita bisa memperkirakan berapa lama acara kita akan berlangsung. Dengan demikian acara kita nanti tidak akan menghabiskan waktu yang sia-sia.

3. Mengkoordinasi Panitia dam Pengisi Acara

Dengan adanya rundown, maka panitia dan pengisi acara yang bersangkutan dapat melakukan hal lebih baik. Jadi panitia tau kapan ia harus nmelakukan ini dan itu. Begitu juga dengan pengisi acara, dia tau kapan dia akan bersiap untuk isi acara sehingga tidak ada yang menjadi miss.

4. Membuat Semua Bagian Menjadi Terkoordinasi

Tidak ada bagian acara yang miss. Semua bagian acara jadi tau apa yang harus dilakukan, kapan melakukannya dan juga bagaimana cara untuk melakukannya.

Nantikan pembahasan lainnya melalui artikel saya selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini