6 Kebiasaan Buruk yang Membuat Tulang Jadi Lemah

by
May 11th, 2015 at 4:31 pm

CiriCara.com – Kalian tahu tidak, Bahwa tulang merupakan organ yang sangat penting untuk mendukung kita. Kalau tubuh kita tidak mempunyai tulang yang sehat, tentu tubuh akan terasa lumpuh. Selain dapat menyebabkan lumpuh, tubuh juga tidak bisa bergerak secara leluasa serta Anda pun tidak dapat menikmati hidup secara lebih baik.

Ilustrasi kerang tulang tengkorak manusia - Ist

Ilustrasi kerang tulang tengkorak manusia – Ist

Berikut ini akan kami sajikan informasi mengenai kebiasan buruk yang bisa menyebabkan tulang menjadi rapuh dan lemah.

- Posisi duduk

Anda yang memang sering duduk di lantai dalam waktu yang lama sebaiknya perlu dihindari ya. Kondisi inidapat memperburuk kondisi tulang khususnya pada sendi kaki. Hal tersebut dikarenakan tulang. kaki sering menjadi aus

- Kurang kalsium

Anda yang jarang mengonsumsi minuman susu sebaiknya hati-hati. Kekurangan kalsium bisa saja disebabkan karena orang jarang sekali mengonsumsi minuman susu. Tak hanya susu yang mengandung kalsium loh. Kalsium bisa Anda temukan di berbagai makanan lainnya seperti ikan salmon, yogurt, dll. Kekurangan kalsium dapat beresiko tulang menjadi lemah dan akan menghilangkan kepadatan tulang. Dan yang lebih mengkhawatirkannya lagi, tulang akan mudah sekali patah di dalam tubuh.

- Kurang olahraga

Olahraga yang cukup juga bisa membuat tulang menjadi sehat. Coba luangkan waktu untuk jalan kaki selama 15 menit demi mendapatkan tulang yang sehat. Selain dengan melakukan jalan kaki, Anda pun juga bisa cari cara lain untuk membuat sendi tulang menjadi lebih bebas dan fleksibel.

- Tidak terkena sinar matahari

Ternyata ada manfaat yang baik bila tubuh kita terkena sinar matahari. Demi mendapatkan kesehatan tubuh dan tulang Anda, luangkan waktu untuk pergi keluar atau duduk sejenak pada pagi hari. Hal ini dikarenakan sinar matahari pada pagi hari dipercaya memiliki kandungan vitamin D.

- Kelebihan garam

Tahukan kalian konsumsi garam yang berlebihan membuat efek yang buruk untuk kesehatan tulang. Oleh sebab itu, batasi dalam mengonsumsi garam dan hindari makanan yang mengandung garam terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan, garam dapat menghilangkan zat kalsium dalam tubuh.

- Obesitas

Masyarakat tentu sudah mengenal betul dengan penyakit obesitas tersebut. Obesitas memang dipandang berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu, jika seseorang mengalami berat badan tentunya juga dapat merusak sendri dan melemahkan tulang. Nah untuk mecegah obesitas ini, seseorang harus mengontrol berat badan secara rutin suapaya dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Sumber: Merdeka.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini