Fakta-Fakta Seputar Musik yang Layak Diketahui

by
May 11th, 2015 at 11:38 am

CiriCara.com – Mendengarkan musik, mungkin sudah jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Apalagi dengan hadirnya beragam tipe handphone yang menyediakan ragam fitur musik, membuat kegiatan mendengar alunan lagu dan nada bisa dilakukan dimana saja. Di halte saat menunggu bis, telinga bisa dimanjakan menyimak lagu favorit. Bahkan saat duduk atau berdiri berdesakan di angkutan umum seperti bis dan kereta, mendengarkan musik banyak dipilih untuk mengusir stress.

musik

Mendengarkan musik – Ist

Mendengarkan musik itu memang mengasyikan. Dan, memang banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari kegiatan memanjakan telinga tersebut. Apalagi di kota seruwet Jakarta, dimana para bunyi klakson seperti sudah jadi tabuh biasa yang mampir ke telinga, mendengarkan musik menjadi obat mujarab untuk mengusirnya.

Dari beberapa kicauan di twitter, saya mencatat fakta-fakta menarik tentang musik yang menurut saya layak untuk diketahui. Fakta-fakta seputar musik yang saya dapatkan di republik twitter, beberapa diantaranya merupakan hasil riset atau penelitian universitas ternama di dunia. Jadi benar-benar sebuah fakta ilmiah.

Apa saja fakta-fakta seputar musik yang layak diketahui itu? Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Kentucky, Inggris, terapi musik sangat bermanfaat. Terapi musik sangat bermanfaat bagi pasien yang akan jalani operasi. Terapi musik bisa membantu pasien mengurangi kecemasannya, baik sebelum dia dioperasi, mau pun pasca operasi.

Studi yang dilakukan University of Kentucky juga membuktikan bahwa musik yang diputar atau disetel di ruang tunggu dokter, akan membuat pasien lebih tenang, ketimbang ruang dokter sepi tanpa alunan musik.

Fakta menarik lainnya tentang musik datang dari University Tubingen Jerman. Menurut hasil penelitian universitas tersebut, mendengarkan musik dengan irama lambat saat tidur sungguh sangat bermanfaat, dapat membantu meningkatkan memori otak.

Nah, menurut hasil penelitian yang dilakukan St Andrews University, musisi dengan bukan musisi ada perbedaan dari sisi pikiran. Para musisi, menurut penelitian St Andrews University mempunyai pikiran yang lebih tajam. Para musisi juga lebih mampu memperbaiki kesalahan, ketimbang mereka yang bukan musisi.

Sedangkan studi yang dilakukan Brunel University mencatatkan musik ternyata dapat membantu seseorang meningkatkan daya tahan tubuhnya sebesar 15 persen. Musik juga dapat meningkatkan semangat dan efisiensi energi hingga 1 sampai 2 persen.

Nah bagi anda penggemar Queen, sering-seringlah mendengarkan lagu hit band legendaris tersebut. Lagu hit Queen yang harus sering didengarkan itu adalah We Will Rock You. Karena menurut studi yang dilakukan Northwestern University in Illinois, lagu ‘We Will Rock You’ itu sangat efektif memompa semangat seseorang untuk berolahraga.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini