Penyebab Dada Sebelah Kanan Terasa Nyeri

by
May 11th, 2015 at 10:39 am

CiriCara.com – Dada Anda pernah mengalami rasa nyeri yang tak terhankan, bisa jadi gejala tersebut memang gejala yang cukup serius. Hal ini bisa berdampak pada organ-organ lain yang penting dalam tubuh seperti pembuluh darah besar, jantung, dan paru-paru. Maka dari itu, jika dada Anda memang mengalami rasa nyeri, sebaiknya jangan menyepelekan kondisi gejala tersebut.

Nyeri Dada

Ist

Nah bagaimana jika gejala nyeri tersebut terletak pada dada sebelah kanan Anda? Rasa nyeri pada dada sebelah kanan memang tidak terjadi sesuatu yang membahayakan bagi manusia. Gejala tersebut dapat disebabkan karena adanya ketegangan otot. Namun ada hal-hal lain yang bisa menyebabkan dada kanan Anda bisa menjadi nyeri, seperti yang dilansir dari situs merdeka.com.

1. Muskuloskeletal atau Traumatik

Rasa nyeri pada dada sebelah kanan bisa itu disebabkan karena timbulnya gejala cedera otot dan kram. Namun jika gejala nyeri tersebut memang tak tertahankan dan dirasa cukup menyakitkan, maka solusi yang tepat adalah dengan memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.

2. Infeksi

Rasa nyeri yang terletak pada dada sebelah kanan bisa jadi itu berhubungan dengan kondisi yang dialami oleh manusia seperti produksi sputum, batuk, dan demam. Hal ini membuat kondisi tersebut menunjukan kalau Anda memang mempunyai radang paru-paru di sebelah kanan. Jika paru-paru itu terjangkit oleh suatu mikroorganisme atau virus, maka bisa menyebabkan seseorang mengalami infeksi akut seperti rasa nyeri dan muncul peradangan paru-paru.

3. Vascular

Manusia pasti mempunyai pembuluh darah utama. Pembuluh darah utama yang dimiliki manusia terdiri dari arteri paru-paru dan aorta yang berada di dalam rongga dada manusia. Gumpalan darah yang terbentuk di arteri paru-paru bisa memicu datangnya proses emboli paru-paru. Hal ini membuat kondisi seseorang mengalami rasa nyeri yang tak tertahankan pada dada sebelah kanan jika emboli tersebut terbentuk di paru-paru sebelah kanan.

4. Penyebab lainnya

Hal yang membuat dada sebelah kanan terasa nyeri juga bisa disebabkan karena ada penyebab lain. Penyebab lain bisa itu muncul gejala kanker paru-paru. Namun, jika nyeri dada tersebut memiliki efek berkepanjangan tentu membuat Anda menjadi sesak napas dan mengalami penurunan berat badan. Rasa nyeri dada juga bisa berakibat pada jantung, kondisi itu tentunya akan mengalami seseorang terkena serangan jantung. Perlu diingat juga, meskipun jantung memang berada di dada sebe;ah kiri dan terasa nyeri pada dada sebalah kanan juga berakibat seseorang mengalami serangan jantung.

Jika dada Anda memang terasa nyeri, tentunya kondisi tersebut janganlah dianggap remeh. Apabila kondisi dada kanan Anda memang semakin memburuk dan sudah menjadi parah, maka solusi yang bisa Anda lakukan ialah dengan mencari bantuan berupa pertolongan medis. Namun jika rasa nyeri dada itu disertai dengan gejala lain seperti dahak berdarah, demam, sesak napas, berkeringat, dan pusing, Anda bisa tangani dengan mendapatkan perawatan medis untuk bisa mengatasi gejala tersebut.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini