Tiga Mobil yang Kalahkan Harga Pesawat Tempur

by
May 11th, 2015 at 3:16 pm

CiriCara.com – Pesawat tempur Sukhoi Su-35 buatan Rusia kini telah jadi salah satu andalan skuadron tempur TNI Angkatan Udara Indonesia. Pesawat canggih asal negeri Paman Putin ini, disebut-sebut kemampuannya tak kalah dengan pesawat tempur sekelasnya buatan Amerika Serikat. Bahkan, Sukhoi Su-35 disebut juga punya kelebihan lain dari sisi manuver dibanding pesawat tempur F-16 buatan negeri Paman Sam. Karena itu TNI kepincut untuk membelinya. Dan di era Presiden Megawati Soekarnoputri, pesawat-pesawat tempur buatan Rusia itu secara bertahap didatangkan ke Indonesia. Kini pesawat tempur Sukhoi Su-35 jadi salah satu andalan TNI dalam menjaga kedaulatan angkasa NKRI.

LaFerrari

LaFerrari – Ist

Lalu berapakah harga satu unit Sukhoi Su-35 tersebut? Mengutip berita yang dimuat situs viva.co.id, satu unit Sukhoi Su-35 harganya mencapai 65 juta dolar atau setara dengan 844 miliar. Itu harga satu unit. Mungkin sekarang, harganya tambah mahal, seiring melemahnya nilai tukar rupiah.

Tapi ternyata harga Sukhoi Su-35 itu masih kalah mahal oleh harga sebuah mobil sport. Mungkin, selama ini yang ada dibenak banyak orang, tak mungkin harga mobil mengalahkan harga pesawat tempur. Tapi ternyata, anggapan itu harus direvisi. Karena ternyata ada mobil yang harganya mengalahkan harga satu unit pesawat tempur.

Cerita harga mobil kalahkan harga pesawat tempur itu saya baca di Tempo.co, situs berita online milik Grup Tempo Media yang juga menerbitkan Majalah Tempo, salah satu majalah politik terkemuka di Indonesia. Lalu mobil seperti apakah yang harganya selangit tersebut?

Lamborghini Veneno

Lamborghini Veneno – Ist

Mengutip berita di Tempo.co, mobil yang harganya tak masuk akal itu adalah La Ferrari. Mobil buatan perusahaan otomotif berlambang kuda jingkrak tersebut menggunakan empat tipe fiber karbon yang berbeda-beda. La Ferrari ini Dibanderol dengan harga yang sangat fantastis. Harga satu unitnya sekitar Rp. 1,7 triliun. Ferrari sendiri hanya memproduksi La Ferrari 499 unit. Jadi hanya diproduksi terbatas.

Koenigsegg Agera R

Koenigsegg Agera R – Ist

Ternyata lagi ada yang lebih mahal dari La Ferrari. Mobil sport yang harganya lebih mahal dari La Ferrari adalah Koenigsegg Agera R yang dibuat oleh pabrikan otomotif dari Swedia. Harga 1 unit Koenigsegg mencapai 1,9 triliun. Harga yang bikin semua orang geleng kepala.

Dan, mobil yang paling mahal adalah Lamborghini Veneno. Mobil sport yang menurut Tempo.co dalam beritanya terbuat dari serat karbon tersebut, harganya Rp 5,1 triliun. Lamborghini sendiri, hanya memproduksi 4 unit mobil super mahal tersebut. Mungkin ini mobil paling mahal sejagat. Setelah membaca berita itu, rasanya harga Sukhoi kita tak ada apa-apanya dibandingkan dengan harga tiga mobil super mahal tersebut.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini