3 Peranan Penting Seorang Pemimpin

by
May 12th, 2015 at 8:31 am

CiriCara.com – Pemimpin. Satu kata yang sangat ingin diraih oleh orang. Apa sih yang dimaksud dengan pemimpin? Pemimpin adalah seseorang yang bisa mempengaruhi, mengkoordinasi, mengajak, dan membuat setiap mereka yang berada di bawah kekuasaannya bekerja sesuai dengan tujuan dari hal yang ingin dicapai. Lalu apa sih peranan penting dari pemimpin?

Pemimpin

Ist

Artikel kali ini akan membahas tiga peranan penting dari seseorang yang disebut sebagai pemimpin:

1. Peduli Terhadap Anggotanya

Seorang pemimpin harus peduli dan harus peka terhadap setiap anggota yang berada di bawah pimpinannya. Seorang pemimpin tidak hanya sebagai seseorang yang selalu memerintah. Namun diusahakan agar mereka bisa memperdulikan terhadap apa yang terjadi di dalam kelompok pimpinannya. Baik hal itu yang bersifat internal maupun eksternal. Misalnya terjadi sebuah konflik. Pemimpin harus menjadi bijak dalam menangani hal ini. Pemimpin harus bisa membantu menyelsaikan masalah tanpa membuat salah satu di antara mereka merasa tidak dilindungi.

2. Membentuk Budaya Perusahaan

Pemimpin adalah panutan bagi mereka yang berada di bawah pimpinannya. Karena itu, seringkali apa yang dilakukan pemimpin sering diperhatikan oleh mereka yang berada di bawahnya. Karena itulah juga, sifat dan sikap pemimpin lama kelamaan bisa menjadi budaya bagi perusahaan atau kelompok yang ia pimpin. Karena itu juga usahakan sebagai seorang pemimpin harus bisa menjadi seseorang yang bijak, mengkomunasikan segala sesuatu hal yang diperlukan, mengapresiasi kinerja bawahan, memberi perilaku dan sifat yang baik bagi bawahannya. Memperkuat internal perusahaan atau kelompok.

3. Menjadi Bijak Saat Inovasi

Setiap kelompok harus mengalami inovasi demi mengikuti perkembangan dan perubahan zaman yang terjadi. Namun seringkali perubahan yang terjadi tidak disetujui oleh beberapa dari mereka. Sebagai seorang pemimpin, ia harus bisa mempengaruhi, mengedukasi agar mereka dapat mengikuti terjadinya perubahan. Namun, jika perubahan tersebut tidak menguntungkan, pemimpin juga harus menerima dan cermat dalam mengambil keputusan.

Mau menjadi seorang pemimpin? Pemimpin dipilih agar mereka yang berada di bawahnya merasa nyaman dan ada yang melindungi. Serta peminpin yang dipilih diharapkan bisa memberi perubahan positif.

Penulis: Blue17

Comment di sini