Ini Dia Manfaat Berpuasa

by
May 12th, 2015 at 8:12 am

CiriCara.com – Sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan dijelang. Di bulan suci itu, semua muslim wajib berpuasa, tak makan dan minum, sejak dari waktu sahur sampai tibanya adzan magrib. Di bulan suci Ramadhan pula, umat muslim yang berpuasa diperintahkan menahan hawa nafsu. Bisa dikatakan, bulan Ramadhan atau bulan puasa, adalah bulan melatih diri secara jasmani dan ruhani. Dari menjelang subuh sampai adzan magrib, diri dilatih untuk tak melakukan hal-hal yang di hari normal, biasa dilakukan.

puasa

Tetap sehat saat puasa – Ist

Puasa dan Ramadhan, benar-benar sebuah ritual suci, melatih diri untuk menjadi sosok-sosok yang religius. Di bulan suci itu, kesabaran dihadirkan. Di bulan suci itu pula, kesadaran ditegakan. Dan di bulan suci pula, kesempatan berserah pada sang Khalik di hidupkan setiap detik.

Bagi umat Islam perintah berpuasa di bulan Ramadhan sendiri termaktub dalam Al Qur’an, kitab suci kaum muslimin. Perintah berpuasa di bulan Ramadhan, ada dalam surat Al Baqarah ayat 183, yang berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa”.

Dan, ternyata banyak fakta menarik tentang puasa yang layak diketahui. Puasa tak sekedar kegiatan menahan lapar. Tapi ritus berpuasa, ternyata banyak manfaatnya terutama bagi tubuh dan jiwa. Misalnya seperti yang diungkapkan oleh Trinidad Islamic Academy dalam salah satu hasil penelitiannya.

Ebrahim Kazim, Direktur Trinidad Islamic Academy, mengutarakan dari hasil penelitian yang dilakukan lembaganya, menunjukkan bahwa puasa ternyata bisa membuat tidur orang yang berpuasa lebih berkualitas. Manfaat puasa juga dibuktikan oleh University of Chicago, Amerika Serikat. Menurut hasil penelitian salah satu universitas terkemuka di negeri Paman Sam tersebut, puasa bisa membuat pikiran yang berpuasa menjadi lebih tajam dan kreatif.

Selain dapat pahala, puasa juga punya manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya meminimalisir terkena penyakit diabetes. Puasa juga adalah pola diet terbaik. Karena menurut hasil penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dengan berpuasa, maka lemak tubuh akan berkurang.

Manfaat lainnya saya baca dari sebuah berita yang dimuat situs suara.com. Dalam situs berita tersebut, ada sebuah berita yang mengulas tentang manfaat berpuasa. Menurut berita tersebut, para peneliti di Utrecht University, Belanda pernah melakukan semacam percobaan pada sekelompok mahasiswa. Percobaan itu untuk menguji apa pengaruh rasa lapar dengan pengambilan keputusan strategis.

Maka dicobalah itu terhadap dua kelompok mahasiswa. Satu kelompok mahasiswa berpuasa, sementara satu kelompok lagi tak berpuasa. Nah, yang berpuasa, tak makan dan minum, selama 10 jam, sebelum mengikuti ujian. Sedangkan yang tak berpuasa, diberi sarapan seperti biasanya. Dan,mereka bebas makan serta minum apa saja. Hasilnya, kelompok mahasiswa yang berpuasa,lebih mampu mengambil keputusan lebih baik dibanding yang tak berpuasa. Kelompok yang berpuasa,lebih bisa memikirkan keputusan yang berjangka panjang. Sedangkan yang tak puasa, pikirannya hanya keuntungan jangka pendek.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini