Kunci Keberhasilan dalam Kerja Sama Tim

by
May 12th, 2015 at 10:12 am

CiriCara.com – Seringkali, pembentukan tim malah menghasilkan sesuatu yang lewat dan tidak sesuai dengan ekspetasi atau harapan. Dalam meraih sebuah kesuksesan apalagi jika dikerjakan secara tim, maka diperlukanlah kesatuan hati dan beberapa hal yang penting.

kerja yang bagus

Kerja sama – Ist

Sebagai makhluk sosial, tidak dipungkiri kita membutuhkan orang lain dalam melakukan suatu hal. Seperti yang kita lakukan dalam kerja sama tim. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai kunci keberhasilan kalian dalam kerja sama tim.

1. Work Team

Yang dimaksudkan di sini adalah mengenai tim kerja yang kalian buat. Bagaimana kerja yang kalian sudah lakukan bersama tim. Apakah kalian berkerja sesuai dengan yang sudah direncanakan. Misalnya seperti hal kecil dalam apakah diadakan rapat dan koordinasi secara rutin. Bagaimana pencapaian atau progress tiap anggota. Bagaimana kinerja dan penilaian produktivitas dari tim kerja kalian sendiri. Apakah semuanya menghasilkan sesuatu yangt sesuai dengan ekspetasi?

2. Keseluruhan Organisasi atau Tim

Bagaimana kalian menyusun organisasi atau tim yang kalian bentuk. Misalnya dalam hal visi, misi, dan tujuan. Apakah visi, misi, dan tujuan yang kalian buat sudah sesuai dengan yang kalian ingin capai dan apakah hal tersebut saling berkaitan? Bagaimana budaya tim atau organisasi yang kalian bentuk. Karena budaya yang dibentuk sangat membentuk karakter dari tiap anggota tim atau individu. Dan bagaimana pembagian tugas serta feedback kepada anggota organisasi sendiri.

3. Sikap Masing-masing Individu

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin dua. Sikap dari individu dalam organisasi sangat berpengaruh dari budaya perusahaan yang terbentuk. Karena itu, usahakan bentuk budaya perusahaan yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan tim agar sikap yang terbentuk pada setiap anggota tim sesuai. Selain itu bagaimana kinerja dan sikap serta produktivitas anggota tim dalam mengerjakan tugasnya masing-masing. Kekeluargaan sangat penting juga guna untuk meningkatkan kinerja, semangat serta produktivitas dari tiap masing-masing anggota tim atau anggota organisasi.

Yang terpenting adalah, dasar tim yang kuat, sikap saling menghormati, mengharagai, dan mendukung. Serta diperlukannya koordinasi yang baik dan arahan yang baik untuk setiap anggota tim. Yang terpenting buatlah suasana kerja tim menjadi senyaman mungkin.

Penulis: Blue17

Comment di sini