Seputar Tentang Penyakit Thalasemia

by
May 12th, 2015 at 8:22 am

CiriCara.com – Artikel kali ini saya juga akan membahas tentang penyakit. Penyakit yang akan saya bahas secara singkat kali ini adalah penyakit yang disebabkan karena kelainan darah pada tubuh. Nama penyakit yang akan saya bahas adalah penyakit thalasemia.

ilustrasi golongan darah

Ilutrasi darah merah – Ist

Mungkin jika penyakit yang berhubungan dengan darah kita lebih sering mendengarnya seperti penyakit anemia atau penyakit kanker darah atau leukimia. Lalu apa sih penyakit thalasemia ini? Berikut saya akan membahas secara singkat mengenai apa itu penyakit thalasemia.

1. Kelainan Sel Darah Merah yang Mudah Rusak

Nah, penyakit thalasemia ini mengakibatkan sel darah merah pada tubuh menjadi lebih mudah rusak. Sekedar penjelasan singkat. Darah pada manusia ini mempunyai umurnya. Darah merah pada umumnya bertahan rata-rata sekitar 120 hari. Nah, namun pada kondisi penyakit thalasemia, sel darah merah dari sang penderita akan rusak dalam kurun waktu kurang dari 120 hari.

2. Terjadi juga Gejala Anemia

Seseorang yang mungkin terkena thalasemia, umumnya mungkin mengira dirinya terkena anemia pada awalnya Hal ini dikarenakan gejala yang ditimbulkan dari penyakit thalasemia ini, berupa gejala yang juga timbul pada penderita anemia. Gejala ini berupa nafsu makan hilang, badan terasa lesu, wajah pucat, kehilangan semangat beraktivitas, dan kemungkinan sering terkena penyakit infeksi akibat sel darah merah yang terus menurun.

3. Bisa Diturunkan

Penyakit thalasemia ini adalah salah satu jenis penyakit yang bisa terjadi pada seseorang karena keturunan genetik. Jadi jika ada riwayat keluarga yang menderita thalasemia, kemungkinan thalasemia ini juga akan terjadi pada orang itu.

4. Penyembuhan Thalasemia

Berbagai metode dilakukan dalam menyembuhkan seseorang yang terkena penyakit thalasemia ini. Lalu apa saja yang bisa membantu mengurangi penyakit ini? Pada penderita thalasemia, umunya terus dilakukan transfusi darah. Hal ini dikarenakan produksi darah merah tubuhnya tidak akan cukup dengan kebutuhan tubuhnya karena banyaknya sel darah merah yang rusak. Bisa juga dilakukan dengan konsumsi obat atau bahkan cangkok sumsm tulang.

Yang penting jaga pola hidup kalian sesehat mungkin ya. Lakukan aktivitas yang berguna and be happy. Selamat hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini