Wisata ke Warisan Situs Dunia di Australia

by
May 12th, 2015 at 2:57 pm

CiriCara.com – Pada 1972, di dalam Konferensi Lingkungan Manusia PBB yang diselenggarakan di Stockholm, Swedia, diputuskan beberapa tempat di dunia untuk di masukkan dalam daftar, dinamakan dan dilestarikan, agar generasi mendatang tetap dapat menikmati tempat tersebut. Tempat-tempat ini akan khusus dikelola dalam sebuah program yang dinamakan Warisan Situs Dunia atau dikenal dengan nama World Heritage Site. Ternyata dalam perkembangannya, tempat-tempat ini tidak hanya dilestarikan tapi juga menjadi daya tarik bagi pariwisata negara dimana tempat tersebut berada.

Great Barrier Reef

Great Barrier Reef – Ist

Salah satu benua yang memiliki tempat dalam program tersebut yaitu Australia. Di benua kangguru ini ada 19 tempat yang termasuk dalam World Heritage Site. Berikut beberapa tempat tersebut yang dapat dijadikan pilihan untuk dikunjungi pada masa liburan.

1. Great Barrier Reef

Tempat yang sangat populer ini, terletak di pantai timur Queensland. Terkenal populer karena di sini merupakan gugusan karang yang luas dan panjang, bahkan sebagai gugusan karang terbesar didunia (memiliki luas 26.000 km), sebagai tempat tinggal bagi 400 tipe koral, 1500 spesies ikan dan 4000 tipe moluska. Selain itu, disini juga dikenal sebagai rumah bagi hewan langka dan terancam punah yaitu dugong (dugong dugon), sejenis lembu laut dan penyu hijau (chelonia mydas)

2. Kakadu National Park

Salah satu taman nasional di Australia ini berlokasi tidak jauh dari Darwin. Hanya sekitar 3 jam disebelah timur Darwin. Di taman nasional ini, kita dapat melihat pemandangan lembah cadas yang curam, hutan hujan dan galeri seni peninggalan manusia Aborigin (suku lokal Australia) pada masa lalu, yang diperkirakan sudah berusia 50.000 tahun. Kita juga dapat menikmati air terjun Jim Jim Falls atau Twin Falls, serta hewan-hewan khas Australia seperti burung-burung, berbagai jenis ikan, dan sebagainya. Menurut informasi, disini hidup sepertiga species burung khas Australia

3. Shark Bay

Shark Bay berlokasi di pesisir bagian barat Australia. Tempat seluas 2.220.902 hektar ini merupakan habitat bagi lima hewan langka yaitu dugong, penyu hijau, ikan pari manta, paus punggung bongkok dan lumba-lumba hidung botol. Selain itu disini juga rumah bagi beberapa jenis hiu dan merupakan padang rumput laut yang luas.

4. Purnululu National Park

Taman nasional seluas hampir 240.000 hektar ini terkenal karena terdapat gugusan bebatuan dipantainya dengan tinggi hingga 578 meter diatas permukaan laut. Bebatuannya yang bercorak oranye dan abu-abu yang khas terbentuk dari cyanobacteria, sejenis ganggang yang mengalami kelembaban. Taman nasional ini berlokasi di bagian barat Australia.

5. Greater Blue Mountains Area

Tempat ini berlokasi di New South Wales, berbatasan dengan kota Sidney. Disini kita dapat melihat pemandangan pegunungan berbatu pasir yang sudah terbentuk selama ribuan tahun. Disini kita juga dapat melihat desa warisan budaya Aborigin, komunitas peladang, dan landmark pegunungan ini yaitu Three Sister, pemandangan pegunungan dengan kabut biru yang dilepaskan oleh hutan ekaliptus. Tidak hanya itu, botanical garden juga dapat ditemukan di tempat ini.

(Diyah)

Comment di sini