Efeknya Jika Terlalu Sering Memberi Hadiah Makanan Kepada Anak

by
May 13th, 2015 at 2:21 pm

CiriCara.com – Sebagai orang tua, Anda sebaiknya harus membatasi pemberian hadiah kepada anak. Apalagi pemberian hadiah kepada anak tersebut menyangkut pemberian makanan. Menurut penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan jika seseorang memberikan makanan kepada anak dalam rangka memberikan penghargaan ataupun lainnya justru dapat membuat anak mengonsumsi makanan secara berlebih. Efek jangka panjangnya ialah anak tersebut akan merasa tertekan dan cenderung sedih. Selain itu, anak akan mencari cara lain dengan melakukan pelarian demi mendapatkan makanan yang ia inginkan.

Makanan Anak

Ist

Penelitian pun berpendapat, biasanya seseorang dalam mengonsumsi makanan adalah untuk menghilangkan stres. Namun jika orang tersebut mengonsumsi makanan karena stres merupakan kejadian yang tidak alami. Seharusnya, orang yang mengalami gangguan emosional dan stres justru dapat menurunkan selera makan, bukannya meningkatkan selera makan. Para ahli menyatakan, bila anak mengalami stres dan sedih, kemudian anak tersebut mengonsumsi makan secara berlebih, itu merupakan faktor yang disebabkan karena kebiasaan orang tua terhadap anaknya. Bisa jadi, anak tersebut sering mendapatkan hadiah ataupun penghargaan dari orang tua berupa pemberian makanan.

Hasil ini pun sudah pernah dicoba oleh para peneliti dengan percobaan kepada dua kelompok anak-anak yang dimintai untuk menggambar dan dijanjikan kepada anak tersebut bila sudah sudah mengerjakan hasil gambar itu. Dalam satu kelompok itu, ada satu krayon yang memang disengaja untuk disembunyikan sehingga anak-anak justru mengalami rasa tertekan karena tidak bisa menyelesaikan gambarnya. Dalam kondisi tertekan dan stress ini, anak-anak yang tergabung dengan kelompoknya justru memiliki kecenderungan untuk mencari makanan ringan dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Kebiasaan orang untuk mengontrol secara berlebihan kepada anak dalam pola makanannya juga dirasa samak saja dengan kejadian tersebut. Para penelti pun menambahkan, dengan sikap orang tua yang terlalu berlebihan mengontrol anak untuk memakan sesuatu justru akan meningkatkan rasa lapar pada anak, stres, merasa tertekan, dan selalu ingin tahu tentang makanan.

Untuk para orang tua, sebaiknya membatasi anaknya untuk memberikan hadiah berupa makanan kepada anak. Hal ini justru akan berdampak buruk bagi anak. Selain itu janganlah terlalu berlebihan dalam mengontrol makanan kepada anak. Hal ini justru membuat anak menjadi stres, dan dapat meningkatkan keinginakan tahuan tentang makanan tersebut.

Sumber: Kompas.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini