Menyimpan Rahasia Sendiri Juga dapat Menimbulkan Efek Negatif

by
May 13th, 2015 at 8:26 am

CiriCara.com – Memang sejumlah orang beranggapan bahwa gosip ialah sesuatu hal yang buruk dan negatif. Namun perlu Anda tahu juga, tidak selamanya gosip itu dipandang sesuatu yang negatif ataupun buruk. Sebuah penelitian mengklaim bahwa orang yang memang selalu menyimpan rahasianya akan berdamapak negatif bagi diri sendiri. Efek negatif tersebut bisa meliputi emosi, gangguan jiwa, serta masalah kesehatan fisik. Nah untuk itu janganlah terlalu sering menyimpan rahasia terlalu lama karena biasakan untuk terbuka kepada orang lain.

Rahasia

Ist

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Columbia Business School, seseorang yang memang terlalu sering menyimpan rahasianya itu sama saja dengan orang yang sering membawa beban fisik yang sangat berat dan membuang energi dalam tubuh secara sia-sia. Peneliti pun juga menambahkan, seseorang yang memang sering menyimpan rahasia biasanya orang tersebut juga akan terus memikirkannya. Tidak hanya pada pikirannya saja, melainkan orang tersebut akan mengalami penurunan motivasi dalam intelektual yang ada pada dirinya.

Salah satu rekan penulis kesehatan yang bernama Michael Slepian mengungkapkan bahwa orang yang membuka rahasianya justru akan lebih tertantang di area sekitarnya. Namun, bila Anda tidak memiliki motivasi dalam mengatasi tersebut maka efeknya akan berpengaruh buruk pada kinerja dan kemampuan dalam diri kamu sendiri.

Para peneliti pun menambahkan juga, rahasia yang membuat seseorang kehilangan akan konsentrasi dalam hidupnya ialah rahasia yang berkaitan dengan seputar kesehatan, seksual, orientasi, atau jalan kehidupan, dan masalah uang. Slepian pun menyarakan, rahasia yang dimiliki oleh manusia sebaiknya janganlah terlalu buru-buru untuk membocorkannya kepada orang lain. Apabila rahasia itu bocor kepada orang yang salah, tentunya kondisi Anda pun akan akan bertambah buruk.

Slepian pun juga mengatakan bila memang kondisi rahasia seseorang tersebut ingin dibeberkan, alangkah baiknya Anda menghubungi kepada badan konseling yang tentunya dapat bermanfaat menjaga identitas Anda dibandingkan Anda harus membeberkan rahasia kepada orang yang Anda kenal namun malah tidak dipercaya. Ada juga alternatif lain yang bisa menjaga rahasia kamu yaitu dengan menulis isi rahasia tersebut ke dalam catatan jurnal. Hal ini pun bisa menjaga rahasia Anda sendiri.

Sumber: Kompas.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Artikel lainnya: 5 Tempat Curhat Terbaik yang Perlu Kamu Tahu

Comment di sini