Tips Pemeriksaan Aki Agar tidak Mogok

by
May 13th, 2015 at 8:39 am

CiriCara.com – Baru-baru ini, saya baru saja pulang hingga subuh, dikarenakan mobil yang digunakan untuk mengantar saya mengalami mogok. Setelah diteliti penyebab kenapa mesin mobil tidak mau menyala, adalah disebabkan karena adanya gangguan pada aki. Sehingga pada saat itu harus dicari aki pengganti segera karena tidak ada lagi bengkel yang buka, terpaksa kami meminjam aki milik mobil lain.

Aki Mobil

Ist

Aki adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam otomotif tak terkecuali motor atau mobil. Nah, untuk mencegah terjadinya mogok, kalian bisa mengantisipasinya dengan cara pemeriksaan aki secara rutin. Berikut hal yang harus Anda lakukan dalam memelihara aki:

1. Gunakan Enegeri Listrik Secukupnya

Apakah kalian tahu, tiap cairan ada yang namanya massa jenis? Nah, begitu pula dengan aki. Aki juga merupakan cairan yang memiliki massa jenis. Tentu saja massa jenis tersebutlah yang membuat cairan aki sangat berguna dalam kendaraan Anda. Nah, untuk itu kalian perlu menjaga massa jenis cairan dalam aki tersebut. Salah satu caranya adalah dengan membatasi energi listrik yang digunakan. Hal ini dikarenakan jika menggunakan energi listrik secara berlebihan, maka akan membuat massa jenis cairan aki berubah, sehingga tidak maksimal lagi dalam penggunaannya.

2. Isi Cairan Aki Secukupnya

Yang dimaksud secukupnya pasti tahu dong. Jangan kelewat sedikit atau juga jangan kelewat banyak. Seperti ibarat kalian makan, bila kurang makan akan kelaparan, bila kelebihan akan kekenyangan dan merasa mual. Aki juga begitu, Jika mengisinya terlalu sedikit akan membuat terjadinya kekeringan pada pelat sehingga menyebabkan oksidasi dan membuat pelat menjadi rusak. Jika terlalu berlebihan, maka akan membuat kerusakan oada bagian aki sendiri.

3. Hindari Getaran

Getaran yang dibiarkan terjadi pada aki apalagi jika terjadi secara terus menerus, maka hal itu hanya akan membuat kondisi aki menjadi jelek. Dikarenakan bagian dalam aki bila terkena getaran akan rontok.

Apalagi harga aki yang asli dan bagus bukanlah harga murah, jadi jagalah kondisi komponen otomotifmu. Lakukan servis rutin, sehingga kalian dapat merasa nyaman saat berkendara. Jangan digunakan secara berlebihan.

Penulis: Blue17

Comment di sini