4 Penyakit yang Berasal dari Hewan Peliharaan

by
May 15th, 2015 at 3:18 pm

CiriCara.com – Memang sih ada manfaatnya kalau kita memelihara hewan kesayangan di rumah. Manfaat itu bisa kita dapatkan diantaranya dapat mengusir kesepian dan meningkatkan kesehatan. Walaupun begitu, tetap saja kita sebagai manusia harus tetap menjaga kesehatan hewan peliharaan agar hewan peliharaan tersebut tidak menularkan penyakit pada manusia.

Hewan Peliharaan

Ist

Membahas penyakit yang bisa ditimbulkan oleh hewan, sebenarnya bukan hanya rabies saja. Namun, ada beberapa penyakit lain yang bisa ditimbulkan oleh hewan peliharaan. Berikut informasi, seperti yang dilansir dari kompas.com.

- Kuman perut

Anda pernah mengalami sakit perut yang tidak jelas penyebabnya dari mana? Jika pernah mengalaminya, bisa saja sakit perut tersebut disebabkan dari bakteri kucing peliharaan ataupun anjing. Bakteri tersebut adalah Campylobacter jejuni. Bakteri ini berasal dari kotoran anjing dan kucing.

Kalau memang Anda sama sekali tidak menyentuh kotoran hewan peliharaan tersebut. Kemungkinan kucing ataupun anjing bisa saja menduduki sofa dan secara tidak sadar Anda pun menyentuh hewan tersebut sebelum memegang makanan. Oleh sebab itu, biasakan untuk selalu mencuci tangan bersih dengan sabun sebelum mengonsumsi makanan.

- Demam cakar kucing

Jika Anda pernah mendapati luka dalam yang disebabkan karena kecakar kucing, Anda sebaiknya berhati-hati. Hal ini dapat menyeababkan infeksi Batonella, bakteri ini dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening dan memyebabkan demam.

Bakteri tersebut biasanya tinggal pada kotoran kutu dan selalu berpindah ke kuku kucing. Untuk mencegah penyebaran bakteri tersebut, rutinlah untuk memandikan kucing peliharaan Anda dan selalu berikan obat kutu untuk menghilangkan bakteri.

- Kurap

Hati-hati, jika hewan peliharaan Anda jamuran nanti bisa menyebabkan kurap pada hewan. Tanda-tanda kucing mengalami jamuran ialah sering terasa gatal pada kulit dan timbulnya iritasi pada hewan. Untuk mencegah penyebaran jamur pada hewan, sebaiknya membawa kucing peliharaan Anda ke dokter. Hal ini untuk mencegah timbulnya kurap yang disebabkan oleh jamur.

- Parasit

Parasit pada hewan disebut juga Cryptosporidium dan Giardia duodenalis. Parasit ini biasanya hidup pada feses kucing maupun anjing. Jika seseorang terkena infeksi oleh parasit ini maka efeknya orang tersebut akan mengalami diare. Solusi untuk terhindar dari parasit ini ialah dengan membiasakan menggunakan sarung tangan jika mau membersihkan kotoran hewan. Setelah itu, cucilah tangan dengan sabun sampai bersih.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini