Alasan Orang Tua Menjodohkanmu

by
May 15th, 2015 at 3:49 pm

CiriCara.com – Pernah dengar cerita Siti Nurbaya? Siti Nurbaya adalah cerita yang sering dikaitkan dengan masalah perjodohan. Dimana cerita Siti Nurbaya menceritakan tentang dirinya yang dijodohkan dengan seorang pria yang merupakan pilihan orang tuanya.

pernikahan

Ist

Nah, itu kan zaman dulu. Zaman dulu memang lebih banyak pernikahan yang dijodohkan oleh orang tua. Namun saat ini, banyak dari mereka yang masih muda hanya ingin menikah dengan orang pilihannya sendiri dan orang tua pun tidak mempermasalahkan hal itu. Namun demikian, masih ada juga orang tua yang tetep menjodohkan anaknya meski sudah bukan zaman Siti Nurbaya lagi.

Orang tua kamu ngejodohin kamu? Jangan marah dulu, mungkin ini alasan mereka:

1. Orang Tua Ingin yang Terbaik

Orang tua ingin anaknya mendapatkan yang terbaik. Mereka ingin kita bahagia. Karena itulah, mereka berusaha mencarikan seseorang yang menurut mereka adalah yang terbaik dan bisa menjadi pendamping hidup bagi kita. Karena orang tua tidak ingin melihat anaknya salah pilih. Dan menurut orang tua kita, siapa yang dipilih olehnya merupakan hal yang terbaik dan bisa membuat anaknya menjadi bahagia.

2. Orang Tua Takut Kita Salah Pilih

Yang sering juga menjadi ketakutan orang tua kita memilih orang yang menurut mereka adalah salah. Mereka hanya takut jika kita malah memilih seseorang yang tidak bisa membahagiakan kita. Yang tidak bisa memberi kita arti hidup. Yang tidak bisa memberi kita kebutuhan. Atau bahkan orang tua kita takut kalau sampai kita malah disakiti. Karena itu, demi menghindari hal tersebut, mereka memilihkan seseorang yang mereka yakin tidak akan melakukan hal itu kepada kita.

3. Karena Peraturan

Nah, memang terkadang hal ini agak menjengkelkan. Dalam sebuah keluarga biasanya ada budaya yang masih dijunjung tinggi. Orang tua sering memilih untuk menjodohkan kalian agar sesuai dengan peraturan yang berlaku di dalam keluarga. Misalnya karena status pekerjaan, status daerah, dan hal lainnya.

Namun, yang dipastikan adalah orang tua ingin yang terbaik. Jika kalian tidak suka dengan keputusan orang tua kalian, kalian bisa beritahu dan buktikan bahwa pilihan dan tindakan kalian adalah hal yang terbaik dan merupakah hal yang lebih baik dari pilihan mereka.

Penulis: Blue17

Artikel lainnya: Ustad Kabur Saat Dijodohkan dengan Julia Perez

Comment di sini