Diet Mediterania Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

by
May 15th, 2015 at 11:25 am

CiriCara.com – Sebuah studi baru menunjukkan seseorang yang terbiasa melakukan diet Mediterania seperti mengonsumsi olahan dari kacang-kacangan dan zaitun dipercaya dapat membantu untuk mencegah penurunan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua.

Diet Mediterania

Ist

Dalam studi penelitian tersebut, para peneliti memilih secara acak sekitar 300 orang untuk mengikuti program diet Mediterania dalam waktu empat tahun dan peneliti juga meminta kepada 145 orang untuk melakukan program diet rendah lemak dalam periode yang sama yakni 4 tahun juga. Orang yang mengikuti program diet Mediterania ini berarti harus mengonsumsi makanan laut dan buah-buahan serta konsumsi daging dan susu.

Kemudian, 155 orang yang sedang menjalani program diet Mediterania diminta untuk mengonsumsi makanannya yang mengandung minyak zaitun ekstra virgin dan 147 orang diminta pula untuk menambahkan dietnya dengan mengonsumsi almond, hazelnut dan makanan yang mengandung campuran kenari sebanyak 30 gram tiap harinya.

Setelah empat tahun melakukan penelitian, peneliti membandingkan fungsi kognitif kepada orang-orang di setiap kelompoknya. Rata-rata umur orang-orang yang ada di dalam penelitian ini ialah 67 tahun.

Hasilnya pun menunjukkan bahwa kelompok yang sedang menjalani program diet Mediterania mengalami hasil yang postif yakni adanya peningkatan fungsi kognitif selama empat tahun dibandingkan kelompok yang menjalani program diet rendah lemak.

“Hasil penelitian dari kami menunjukkan bahwa dalam populasi yang kebanyakan berusia lebih tua, diet mediterania ini justru bisa melawan penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia” ungkap para peneliti seperti yang dilansir dari situs livescience.com.

Para peneliti juga menambahkan bahwa orang-orang yang berada pada kelompok program diet mediterania dengan mengonsumsi makanan yang mengandung ektra kacang, mengalami perbaikan yang signifikan dalam kemampuan memori. Dibandingan dengan orang-orang yang mengikuti program diet rendah lemak

Dan orang-orang yang juga ikut dalam kelompok program diet Mediterania dengan menambahkan kandungan minyak zaitun ekstra virgin ke dalam makanannya, justru terdapat peningkatan yang besar dalam urusan memori kerja, dan penalaran dibandingakan dengan kelompok yang mengikuti program diet rendah lemak.

Sumber: Livescience.com

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini