Ternyata, Ada Hal Lain yang Juga Disebut Pelacuran

by
May 15th, 2015 at 10:21 am

CiriCara.com – Umumnya, kita mengetahui pelacuran sebagai tindakan menjual diri untuk hubungan seksual. Rupanya, istilah tersebut tidak hanya merujuk pada definisi itu saja. Ada tindakan-tindakan lainnya yang juga termasuk dalam kategori pelacuran.

ilustrasi psk

Ilustrasi – Ist

Asal Istilah

Kata prostitusi alias pelacuran berasal dari bahasa Latin, yaitu pro-stituere atau pro-stauree. Kata tersebut berarti membiarkan diri terlibat dalam perbuatan zina, pergendakan, percabulan, dan persundalan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lacur berarti malang, celaka, sial, dan buruk laku. Melacur didefinisikan sebagai perbuatan lacur atau menjual diri sebagai tunasusila.

Jual Diri

Definis pelacuran yang merujuk pada prostitusi diajukan oleh Dr. A. Supratiknya dalam buku “Mengenal Perilaku Abnormal”. Pakar tersebut menuturkan bahwa prostitusi berhubungan dengan layanan seksual demi mendapat imbalan uang.

Kartini Kartono dalam bukunya yang berjudul “Patologi Sosial” mengungkapkan hal serupa. Pelacuran ialah perbuatan laki-laki dan perempuan yang memberikan tubuhnya untuk berbuat cabul secara seksual serta memperoleh upah dari tindakan tersebut.

Promiskuitas

Pelacuran merupakan penyimpangan seksual yang disalurkan dengan transaksi komersial.  Penyimpangan ini ialah promiskuitas, yaitu perilaku memiliki lebih dari satu pasangan seksual yang mana di antaranya atau seluruhnya tidak terikat aturan (pernikahan). Dorongan seksual tersebut biasanya tidak wajar dan tidak terkendali.

Di Luar Nikah

Pelacuran ialah perbuatan perempuan atau laki-laki yang memperjual-belikan kegiatan seksual tanpa ikatan pernikahan.

Pelacuran Ilmiah

Kembali pada arti kata ‘lacur’ dalam KBBI, istilah ini juga digunakan dalam bidang lainnya seperti keilmuan. Pelacuran ilmiah adalah penyelewenangan yang terdapat pada dunia ilmu pengetahuan. Contoh perbuatan tidak bermoral tersebut seperti plagiasi atau menjiplak karya orang lain.

Pelacuran Akademik

Pelacuran akademik merujuk pada penyelewengan dalam dunia pendidikan. Beberapa kasusnya ialah pembelian ijazah palsu, pengerjaan skripsi atau tugas akhir oleh orang lain, dan manipulasi sertifikat.

Pelacuran Agama

Pelacuran dalam kategori ini berkaitan dengan hubungan seksual namun untuk suatu kepercayaan. Persetubuhan dilakukan sebagai rangkaian ritual keramat.

Sekte Cahaya Timur di Provinsi Heibei, China menerapkan ritual pelacuran ini. Mereka membangun tempat peribadatan di mana jemaatnya bisa bernyanyi, menari, lalu berhubungan seks bebas. Upacara ini dilakukan untuk merekrut anggota baru.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini