6 Faktor Ekonomi Penyebab Pelacuran

by
May 18th, 2015 at 8:53 am

CiriCara.com – Prostitusi ialah memperjual-belikan diri untuk hubungan seksual. Fenomena ini sudah ada sejak jaman dahulu kala bahkan Don Kullick, pakar antropologi dari University of Chicago menyebutnya telah ada sejak awal peradaban manusia. Perilaku tersebut juga menjadi hal umum di jaman Yunani Kuno.

ilustrasi psk

Ilustrasi – Ist

Rupanya, faktor terjadinya prostitusi tidak saja akibat himpitan hidup tetapi juga mind set manusia itu sendiri. Berikut faktor pelacuran yang berhubungan dengan ekonomi berdasarkan penuturan Kartini Kartono dalam bukunya yang berjudul “Patologi Sosial”.

1. Tekanan Ekonomi

Ini adalah faktor umum yang kita ketahui. Melacur bisa jadi pilihan seseorang untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Namun, ada juga yang menjalaninya demi peningkatan status sosial.

2. Jalan Instan

Pelacuran juga berasal dari cara individu dalam menghadapi tantangan hidup. Jalan ini bisa diambil oleh seseorang yang ingin menghindarkan diri dari kesulitan hidup dengan proses yang pendek. Prostitusi menjadi cara instan untuk memperoleh kesenangan. Ini akibat kurangnya pemahaman dan pendidikan.

Banyak orang gentar akan profesi yang membutuhkan keterampilan dan prestasi akademik. Pelacuran dianggap sebagai pekerjaan yang tidak menuntut hal tersebut. Profesi ini hanya membutuhkan kecantikan dan keberanian.

3. Hidup Mewah

Banyak orang yang terbelenggu oleh keinginan gaya hidup mewah. Mereka terobsesi dengan pakaian, perhiasan, dan gadget mahal. Sayang, hal tersebut tidak sejalan dengan kegigihan dalam bekerja. Prostitusi pun dianggap jalan pintas untuk meraih gaya hidup impian.

4. Rendah Diri

Perasaan rendah diri atau inferior memicu seseorang ingin melebihi orang-orang di sekitarnya seperti saudara atau teman. Hal ini rentan terjadi pada masa puber sedangkan anak tersebut tidak mudah memperoleh uang dari orang tua atau tidak mengerti pekerjaan sampingan. Dorongan memakai atribut ‘gaul’ menyebabkan remaja itu menempuh jalan instan.

5. Penipuan

Mereka yang terbelenggu tekanan ekonomi rentan tertipu oleh mafia prostitusi dengan janji pekerjaan terhormat dan gaji tinggi. Ini serupa dengan majikan yang mengancam pembantunya untuk melayani nafsu seksual. Jika menolak, ia akan diberhentikan dari pekerjaannya.

6. Narkoba

Untuk memenuhi candu akan narkoba, seseorang menempuh jalan prostitusi agar bisa membeli atau dibayar dengan obat terlarang itu.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini