Cara Irit Ala Anak Kos

by
May 18th, 2015 at 10:51 am

CiriCara.com – Memilih untuk hidup di kos dan berada jauh dari orang tua memang memiliki tantangan tersendiri. Ada kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya mungkin ya kita bisa bebas melakukan apapun kapanpun. Tidak ada yang menyuruh kita untuk segera tidur.

cara hemat agar bisa menabung

Hemat – Ist

Namun yang sering menjadi kekurangan dan keluhan anak kos adalah tentang finansial. Karena kebebasan itu seringkali mereka anak kos yang rata-rata diberi uang bulanan yang terlihat banyak, suka boros di awal bulan. Lalu bagaimana biar bisa irit? Berikut beberapa tips biar kalian bsia irit ala anak kos:

1. Buat Catatan Pengeluaran

Kalian harus mencatat pengeluaran kalian. Lalu kalian harus melihat dan menghitung berapa banyak uang yang sudah kalian keluarkan dan untuk membeli apa saja. Karena cenderung anak kos akan merasa terbeban ketika melihat dan menyadari pengeluaran mereka yang cukup besar namun ternyata hal tersebut dilakukan hanya untuk melakukan hal yang tidak terlalu penting.

2. Memberi jatah Maksimal Harian

Umumnya orang tua memberi sejumlah uang bulanan pasti sudha diperhitungkan untuk kalian tidak berkekurangan selama stau hulan lamanya. Nah, kalian perlu menentukan jatah maksimal harian yang boleh anda habiskan selama satu hari. Tujuannya agar kalian bsia melakukan rem dalam hal pengeluaran. Selain itu hal tersebut juga berguna agar kalian bisa mengontrol dan melakukan pengeluaran yang memang Anda perlukan bukan yang Anda inginkan.

3. Mulai Memasak

Salah satu pengeluaran yang paling besar bagi anak kos adalah masalah makan. Karena uang bulanan yang mereka terima adalah sudah termasuk uang makan mulai dari sarapan hingga makan malam. Jika kalian merasa pengeluaran kalian untuk makan besar, kalian bisa mulai memasak. Apa kelebihannya? kalian bisa menambah skill, kalian juga bisa tetap makan dengan porsi yang sama besarnya, dan yang paling penting, kalau kalian memasak, biasanya akan lebih murah dari segi biaya.

Kalau kalian sendiri yang anak kos bagaimana cara kalian dalam menghemat serta mengontrol uang bulanan? Kendalikan diri ya. Karena penguasaan diri adalah hal yang penting supaya kalian tetap bisa melakukan pengeluaran secara biasa tanpa pengeluaran yang ekstra irit.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini