Makanan yang Dapat Membantu Kinerja Kelenjar Tiroid

by
May 18th, 2015 at 10:28 am

CiriCara.com – Apakah kalian tahu fungsi kelenjar tiroid pada bagian depan leher? Fungsi kelenjar tiroid sendiri ialah dapat mengolah makanan menjadi energi dan dapat mengontrol metaboslime pada tubuh. Namun perlu diingat juga ya, kelenjar tiroid juga dapat mengganggu kinerjanya. Hal ini dikarenakan, kelenjar tiroid tersebut mengalami peningkatan berlebih (hiperteroid dan mengalami kekurangan juga (hipotiroid).

Kelenjar Tiroid

Ist

Tiroid sendiri bisa memproduksi 2 hormon utama, hormon itu antara lain tiroksi dan triodotironin. Hormon ini mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali diantaranya dapat memproduksi protein, mengatur kinerja jantung, mengatur suhu tubuh, dan mengatur penggunaan lemak dan karbohidrat. Selain itu tiroid juga bisa memproduksi kalsitonin. Kalsitonin merupakan sejenis hormon yang dapat mengatur kadar kalsium dalam darah.

Nah berikut ini adalah seputar makanan yang dapat membantu kinerja kelenjar tiroid. Mau tahu? Simak saja informasinya berikut ini, seperti yang dilansir dari situs kompas.com.

- Garam

Tahu gak kalian, kelenjar tiroid sejatinya juga membutuhkan yodium untuk menjalankan fungsi dengan baik. Gak susah ko untuk mencari garam beryodium, Anda bisa dapatkan dengan mudah di pasar dan tempat lain. Peru diingat juga, tidak selamanya garam itu mengandung yodium, untuk itu Anda harus memperhatikan label pada kemasan dalam mendapatkan garam beryodium.

- Sayuran hijau

Makanan apa yang bisa Anda temukan kandungan magnesiumnya? Kandungan magnesium bisa Anda temukan pada sayuran hijau, selada, dan bayam. Sayuran hijau memiliki peranan yang penting untuk membantu metabolisme Anda. Nah untuk itu, tiroid juga harus membutuhkan kandungan magnesium untuk membantuk kinerjanya. Jika Anda mengalami sakit kepala, merasakan jantung berdebar, dan sering keram, bisa jadi itu merupakan suatu gejala kalau tubuh Anda mengalami kekurangan magnesium.

- Kacang-kacangan

Tidak hanya pada sayuran hijau saja yang mengandung magnesium. Kandungan magnesium juga bisa Anda temukan pada kacang Brazil, almond, dan kacang mete. Kacang Brazil selain mempunyai kandungan magnesiumnya, juga terdapat kandungan selenium dan mineral yang bisa membantu proses kinerja tiroid dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan akan selenium dalm tubuh, maka Anda bisa konsumsi sedikit kacang Brazil tiap harinya.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini