Wang Bin, Pria “Tersial” di Tiongkok

by
May 18th, 2015 at 11:10 am

CiriCara.com – Wang Bin, lelaki Tiongkok berusia 39 tahun, mungkin salah satu orang tersial di negeri Tirai Bambu. Bagaimana tidak, karena kecerobohan dia dan sang istri, ia harus kehilangan duit sebanyak 20.700 dolar Amerika Serikat, jumlah duit yang bukan sedikit.

Uang Terbakar

Uang Wang Bin yang terbakar – Ist

Wang sendiri, adalah salah seorang pengusaha di negeri Panda, yang bergerak di bidang konstruksi. Perusahaan konstruksinya berada di Hunan, salah satu daerah di Tiongkok. Suatu waktu, Wang meminjam uang kepada teman dan keluarganya. Maka terkumpulah duit sebanyak 20.700 dolar Amerika Serikat. Uang itu sedianya, hendak Wang pakai untuk membayar gaji para pekerja yang bekerja di perusahaan konstruksi yang dimilikinya. Saat itu perusahaan Wang, tengah mengerjakan proyek yang cukup besar.

Karena pembayaran proyek yang dikerjakan perusahaannya belum cair, sementara gaji para pekerjanya mesti segera dibayar, maka Wang memutuskan untuk meminjam uang kepada teman dan keluarganya dengan maksud untuk menalangi dulu gaji karyawannya.

Sebelum uang pinjaman itu diberikan pada para pekerjanya, Wang menyimpannya di rumah dia. Kemudian ia, menitipkan uang itu kepada sang istri tercinta yang bernama Hao. Sang istri kemudian menyembunyikan uang pinjaman itu di dalam tungku.

Nah, manusia memang selalu dihinggapi penyakit lupa. Penyakit lupa itu pula yang menjangkiti istri Wang. Setelah menyembunyikan uang di dalam tungku, esok harinya, istri Wang menyalakan tungku dengan maksud hendak menjerang air untuk membuat teh hangat. Ia lupa menyembunyikan uang dalam tungku.

Agar api menyala, ia tambahkan potongan kertas, bersama potongan kayu. Api pun menyala dalam tungku. Sejurus kemudian, istri Wang ingat, ia menyimpan bungkusan berisi uang yang dititipkan sang suami. Ia pun panik, langsung mematikan api yang sudah menyala-nyala. Tapi, usaha penyelamatan itu sudah terlambat, bungkusan berisi duit puluhan ribu dolar Amerika Serikat itu sebagian besar sudah terbakar.

Istri Wang, benar-benar terpukul. Ia terkulai lemas, mengetahui sebagian besar uang titipan sang suami sudah terbakar. Sisa uang yang terbakar sebagian coba ditukarkan ke Bank Of China setempat. Tapi seperti pepatah, habis jatuh tertimpa tangga, pihak bank tak bisa menukar uang yang sebagian sudah terbakar. Sial benar sial bagi Wang dan istrinya, hanya karena lupa, uang puluhan ribu dolar hangus begitu saja dilalap api.

Cerita sial Wang dan istrinya itu saya baca di Koran Republika edisi Selasa, 10 Maret 2015. Di berita yang sama, koran Republika juga mengisahkan kisah sial yang hampir mirip. Kisah sial yang mirip dengan cerita Wang, terjadi di Australia. Pada 2012, seorang pria di Sidney, menyembunyikan uang sebanyak 15 ribu dolar Amerika Serikat di dalam oven. Bodohnya dia, tak memberi tahu sang istri. Suatu waktu, istrinya menyalakan oven. Uang belasan ribu dolar yang disimpan suaminya pun terpanggang dalam oven. Namun nasib pria Sidney itu tak sesial Wang, karena Bank Sentral Australia bersedia mengganti uang yang terbakar itu, setelah dilakukan analisis forensik.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini