7 Orang Indonesia dengan Rekor yang Unik

by
May 19th, 2015 at 2:20 pm

CiriCara.com – Indonesia, bukan hanya punya belasan ribu pulau, atau luas wilayah negara yang tercatat salah satu terluas di dunia, tapi juga memiliki segudang kisah, fakta dan hal-hal menarik lainnya. Dan, fakta-fakta ini acapkali luput dari perhatian kita. Padahal, fakta-fakta ini, membuat negeri memang benar-benar kaya penuh warna.

egrang

Bocah sedang main egrang – Ist

Apa saja fakta-fakta menarik itu? Indonesia pernah punya beberapa manusia tangguh dan hebat dengan rekornya masing-masing.

- Salah satunya adalah, Iman Rahyani, yang naik egrang sejauh 228 kilometer. Iman memulai jalan naik egrang dari Cijulang ke Bandung dengan menghabiskan 11 egrang yang terbuat bambu.

- Sementara Khaeruddin, mungkin salah satu orang Indonesia terunik. Khaeruddin, punya kemampuan menirukan ratusan jenis suara.

- Sedangkan Kahar Supardi, bisa jadi dia adalah salah satu manusia paling tangguh di Indonesia. Bayangkan saja, Kahar mampu menyelam selama 23,5 jam.

- Manusia tangguh lainnya dari Indonesia, adalah Karyadi. Karyadi yang merupakan penderita lumpuh akibat polio, sanggup melakukan perjalanan dari Malang ke Jakarta. Sungguh sebuah perjalanan jarak jauh, sejauh 900-an kilometer. Namun yang membuat Karyadi benar-benar hebat, adalah caranya menempuh perjalanan dari Malang ke Jakarta. Karyadi, menempuh perjalanan dari Malang ke Jakarta, dengan cara merangkak.

- Lain lagi dengan Sunardi, lelaki asal Boyolali kelahiran 1960. Sunardi, sukses memecahkan rekor berdiri diam selama 15 jam, 24 detik. Rekor berdiri diam itu dipecahkan Sunardi dalam Festival Diam yang digelar Rotary Club Semarang pada 21 Juli 1986. Dan, rekor berdiri diam Sunardi jadi salah satu rekor dunia.

- Sementara Rudy Rachman, tercatat sebagai pemegang rekor lompat tali ternama. Rudy mampu melakukan lompat tali selama 2 jam 32 menit. Rekor itu, dipecahkan Rudy dalam festival Lompat Tali yang digelar di Semarang pada tahun 1998.

- Orang Indonesia lainnya yang punya kemampuan unik adalah Cahyo Lukito. Cahyo merupakan orang Indonesia yang bisa berenang di tempat non stop selama 8 jam, 29 menit, 16 detik. Aksi Cahyo berenang di tempat selama 8 jam itu, dilakukan dalam Festival Ingek di Kudus pada 28 Agustus 1988.

Fakta-fakta menarik tentang orang Indonesia ini saya kumpulkan dari buku pintar seri senior yang ditulis Iwan Gayo, terbitan Upaya Warga Negara, cetakan ke 18, Juli 1994.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini