Apa itu Asam Lambung?

by
May 19th, 2015 at 3:23 pm

CiriCara.com – Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah masalah yang cukup umum terjadi di masyarakat. Kondisi ini disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju esofagus dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit ini disebabkan oleh tidak berfungsinya sistem

mules

Sakit perut – Ist/Tempo.co

Penyebab Naiknya Asam Lambung atau GERD lower esophageal sphincter (LES). LES merupakan lingkaran otot yang terdapat pada bagian bawah dari esofagus. LES ini berfungsi sebagai pintu masuknya dan akan terbuka saat kita memasukan makanan atau minuman turun ke perut. Setelah makanan masuk dan terproses, maka LES akan menutup untuk mencegah makanan yang terkunyah yang kemudian masuk dalam perut tidak naik kembali ke kerongkongan atau esofagus.

Apabila LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, maka asam lambungnya akan keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung. Penyebab terjadinya penyakit asam lambung adalah karena faktor kelebihan berat badan, kehamilan, banyak lemak dalam makanan.

Gejala GERD ini dapat dirasakan apabila adanya rasa terbakar pada bagian dada atau nyeri ulu hati. Sehingga kita tidak akan nyaman setelah mengonsumsi makanan. Begitu juga dengan mulut dan kerongkongan akan merasa tidak enak, sekaligus merasakan sakit yang luar biasa dan kesulitan menelan makanan. Bila hal ini menggejala maka diperlukan perawatan secara terus-menerus.

- Diagnosis Asam Lambung

Pendiagnosaan gejala penyakit asam lambung atau GERD, biasanya dokter hanya menanyakan gejala yang dialami oleh pasien. Untuk memastikan diagnosa tersebut biasanya digunakan melalui prosedur endoskopi. Adalah sebuah alat yang berupa tabung yang fleksibel, bentuknya panjang yang pada ujungnya ada lampunya. Alat tersebut dimasukkan kedalam mulut untuk melihat penyebab naik-turunya asam lambung bila ada luka di dinding esophagus.

- Pengobatan Asam Lambung

Pengobatan penyakit asam lambung mempunyai tahapan-tahapan, cara yang paling mudah adalah dengan mengganti menu makanan yaitu makanan yang mempunyai kadar lemak yang rendah tetapi mempunyai nilai gizi yang cukup. Tetapi apabila tidak ada perubahan dengan pergantian menu makanan tersebut maka digunakanlah obat-obatan dengan tujuan untuk meredakan gejala-gejala yang dirasakannya. Apabila dengan obat-obatan belum berhasil juga, maka cara selanjutnya yaitu dengan operasi untuk mengatasi asam lambung. Dan bagi orang mempunyai asam lambung yang kambuhan cara lain adalah dengan memberikan obat dengan dosis jangka panjang.

- Komplikasi Akibat Asam Lambung

Asam lambung sering terjadi komplikasi dan sering terjadi adalah esofagitis. Esofagitis ini merupakan peradangan yang terjadi pada dinding esophagus. Bila esofagitis yang parah, maka si penderita akan merasakan kesulitan bila menelan makanan karena adanya munculnya tukak. Tukak ini terjadi karena lapisan pada dinding esophagus tererosi sehingga menjadi luka, dan luka ini bisa menjadikan kanker.

*Dikutip dari beberapa sumber

Penulis: MasArif

Comment di sini