Cara Alami untuk Mencegah Penyakit Maag

by
May 19th, 2015 at 8:47 am

CiriCara.com – Sebagian orang tentu mengalami penyakit yang namanya penyakit maag. Penyakit maag memang menyerang kepada siapa saja mulai dari remaja, orang dewasa, maupun orang yang sudah lanjut usia. Maag itu terjadi pada dalam lambung, dimana lambung tersebut mengalami peradangan ataupun perubahan fungsi.

sakit maag

Sakit Maag – Ist

Tahu gak apa istilahnya dari penyakit maag ini? Istilah medis penyakit maag ini bernama gastritis. Penyakit maag atau gastritis adalah kondisi radang lambung bisa saja disebabkan karena adanya protozoa, jamur, virus, dan bakteri yang ada di dalam tubuh. Penyebab seseorang mengalami penyakit maag ialah adanya faktor-faktor infeksi. Faktor-faktor infeksi yang dimaksud ialah adanya zat asing yang masuk ke dalam tubuh manusia entah itu dari makanan maupun minuman.

Perlu diwaspadai juga ya, penyakit maag bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit perut. Oleh sebab itu, janganlah terlalu remeh terhadap sakit perut, bisa saja Anda mengalami penyakit maag. Untuk mencegah penyakit maag ini, ada baiknya seseorang butuh penyesuaian gaya hidup yang baik.

Hal ini untuk mencegah timbulnya sakit perut supaya tidak kambuh lagi. Membahas penyakit maag ini, tentu Anda penasaran mengenai cara penyembuhannya. Seperti yang dilansir dari situs vemale.com, ada beberapa obat maag alami yang bisa mencegah sakit perut untuk para penderitanya. Mau tahu? Simak ulasannya berikut ini.

- Mengatur pola makan

Untuk Anda yang memang mengalami sakit maag, coba lakukan untuk mengatur pola makan Anda. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan secara teratur dan memiliki porsi yang pas untuk tubuh Anda. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa tercegah dari peningkatan asam dalam lambung yang bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit perut. Nah untuk itu, biar Anda tidak mengalami sakit perut, Anda sebisa mungkin harus menghindari melewati jam makan dan jangan makan yang terlalu banyak.Selain itu, hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol, kafein, minuman bersoda, makanan pedas, dan makanan yang mengandung lemak yang tinggi. Sebagai tambahan, kunyahlah makanan secara halus supaya pencernaan yang ada di dalam tubuh semakin baik.

- Mengurangi stres

Obat alami yang cukup mudah untuk Anda dapatkan ialah dengan mengurangi stres. Sebab Stres dipercaya dapat menjadi obat alami yang baik untuk para penderita maag. Tak hanya itu saja, seseorang yang bisa mengontrol stres merupakan cara yang efektif untuk menanggulangi penyakit maag. Namun, hal yang mesti Anda ketahui adalah dengan cara mengetahui penyebabnya terlebih dahulu mengapa seseorang menjadi stres. Bila Anda ingin sekali sembuh dari penyakit maag ini, Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencari waktu yang rileks dan santai. Misalnya saja dengan menyalurkan hobi atau minat Anda untuk bisa menenangkan pikiran.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini