Ciri-Ciri Beras Plastik yang Beredar di Bekasi

by
May 19th, 2015 at 4:15 pm

CiriCara.com – Masyarakat di Indonesia nampaknya harus lebih waspada saat akan membeli beras. Pasalnya, baru-baru ini ada seorang warga Bekasi, Jawa Barat yang mendapati beras yang dibelinya diduga terbuat dari plastik alias beras plastik atau beras palsu.

beras palsu

Beras palsu (plastik) – ©instagram.com/dewinurizza

Temuan itu diungkapkan oleh warga bernama Dewi Setiani melalui akun Instagram miliknya. Dewi memang biasa membeli beras kiloan di pasar. Namun ia tidak menyangka, beras yang ia beli Rp 8000 per kilo itu ternyata lain dari beras biasanya.

“Saat saya beli (beras) ini enggak seperti beras yang saya konsumsi sebelumnya,” jelas Dewi yang juga memposting foto beras yang diduga terbuat dari plastik itu di Instagram miliknya. Di Instagram, Dewi memposting foto beras plastik yang sudah jadi bubur.

Lalu keanehan seperti apa yang membuat Dewi akhirnya menyimpulkan beras yang dibelinya adalah beras plastik? Berikut ciri-cirinya:

1. Bentuk yang berbeda

“Biasanya kan bubur kan kalau udah dingin bentuknya mengental dan menyatu, tapi kalau (beras plastik) ini dia berbentuk buliran dan seperti belum matang,” jelas Dewi. Dari penjelasan ini bisa disimpulkan bahwa ciri beras plastik bisa dilihat dari perubahan bentuknya setelah diolah atau dimasak.

2. Mengeluarkan banyak air

Menurut Dewi, beras plastik itu saat dimasak/rebus malah mengeluarkan banyak air. Beda dengan beras asli, biasanya jumlah air akan meresap ke dalamnya. “Kalau beras biasa kan meresap air tapi ini malah ngeluarin air,” kata Dewi yang menduga beras yang dibelinya adalah beras plastik.

3. Rasa yang berbeda

Dari penjelasan Dewi, beras plastik juga memiliki rasa yang berbeda dari beras asli. Bagi Anda yang punya lidah yang peka hal ini tentu akan mudah dirasakan. “Rasanya aneh, sintetisnya berasa banget kayak kita makan plastik,” kata Dewi.

4. Putih bening

Selain ciri di atas, Anda juga bisa mengetahui ciri beras plastik sebelum diolah jadi nasi atau bubur. Menurut Dewi, beras asli yang belum diolah (masih mentah) itu warnanya putih bening namun ada putih susu di tengah-tengahnya atau sampingnya. Sementara beras plastik itu hanya putih bening atau transparan tanpa ada warna putih susu di dalamnya.

“Beras yang asli kan dia putih tapi tengah-tengahnya ada putih susunya. Tapi kalau beras (yang diduga plastik) ini tuh dia putih bening saja,” kata Dewi. Namun demikian, ciri keempat ini tidak bisa dijadikan patokan karena ada juga beras asli yang hanya putih bening.

Meskipun belum diketahui secara pasti apakah beras yang dibeli Dewi itu memang benar beras plastik, tetap saja kita harus waspada. Apalagi kabar beredarnya beras plastik buatan China ini sudah muncul sejak 2012 lalu.

(YG)

Artikel terkait: Hati-Hati Beras Palsu dari Plastik Buatan China Beredar

Comment di sini