Fakta-Fakta Menarik Tentang Indonesia

by
May 19th, 2015 at 8:57 am

CiriCara.com – Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau biasa disingkat dengan sebutan NKRI, adalah negara terbesar di kawasan Asia Tenggara. Indonesia, negeri yang sering dijuluki sebagai zamrud Khatulistiwa ini, bukan hanya negara terbesar dari sisi wilayah, tapi juga dari sisi jumlah penduduknya. Di luar itu, banyak hal yang membuat Indonesia berbeda dengan negara-negara tetangganya seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Myanmar, Thailand, Laos, Vietnam atau pun Timor Leste, negara muda di Asia Tenggara yang pernah jadi salah satu provinsi di Indonesia.

bendera Indonesia

Bendera Indonesia – Ist

Perbedaannya misalnya dari jumlah suku yang mendiami wilayah Indonesia. Indonesia memiliki jumlah suku terbanyak dibanding negara-negara tetangganya. Tercatat ada 1.128 suku di Indonesia dengan beragam bahasa daerah yang digunakannya. Jumlah suku tersebut berdasarkan data yang dilansir Badan Pusat Statistik pada 2010. Bahkan, ada yang menyebut, jumlah suku bangsa di Indonesia, lebih banyak dari yang dicatat BPS. Ada yang menyebut mencapai 1.300 suku.

Dari sisi jumlah bahasa yang dipakai suku-suku yang ada di Indonesia pun, cukup beragam. Menurut lembaga pusat bahasa di Indonesia, negeri berjuluk zamrud Khatulistiwa ini memiliki 746 bahasa. Mungkin bisa dikatakan, Indonesia, adalah negara yang paling banyak memiliki ragam bahasa di dunia. Tapi yang disayangkan, kabarnya puluhan bahasa daerah di Indonesia, terancam punah.

Sementara dari sisi kepemilikan pulau, Indonesia adalah yang nomor wahid di kawasan Asia Tenggara, mungkin juga dunia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia wajar memang memiliki banyak pula. Ada 17 ribu lebih pulau yang masuk wilayah kedaulatan Indonesia. Jumlah itu, mungkin terbanyak di dunia.

Indonesia juga, adalah negara dengan penduduk terbanyak di Asia Tenggara. Sementara untuk tingkat dunia, dari sisi jumlah penduduk, Indonesia masuk empat besar dunia. Jumlah penduduk Indonesia, mencapai 250 jutaan orang. Indonesia juga tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

Fakta menarik apa lagi yang dipunyai Indonesia? Indonesia, tercatat sebagai negara urutan ke-13, pemilik airport atau bandara terbanyak di dunia. Tercatat, ada 498 airport yang ada di republik ini. Bandara Soekarno-Hatta, di daerah Cengkareng tercatat menjadi salah satu bandara tersibuk di Indonesia, mungkin juga dunia.

Fakta menarik lainnya tentang Indonesia adalah tentang danau. Indonesia memiliki danau Habema, sebuah danau yang berada di ketinggian 3225 meter diatas permukaan laut. Danau Habema adalah danau tertinggi di Indonesia. Danau ini, berada di Wamena, Papua, salah satu provinsi yang dijuluki tanah Cendrawasih. Sebagai danau tertinggi, suhu disana amat dingin, bisa mendekati nol derajat.

Fakta menarik lainnya tentang Indonesia datang tanah Pasundan, tepatnya fakta tentang kota Bandung, kota yang kerap dijuluki Paris van Java. Ternyata, kota Bandung adalah kota terpadat penduduknya di Indonesia, bukan Jakarta. Kepadatan penduduk di Kota Bandung, tercatat 15.745 orang per kilometer persegi.

Nah, sekarang fakta soal bahasa. Menurut penelitian yang dilakukan University of Vermont, Amerika Serikat, yang saya kutip dari cuitan akun @WOWFAKTA, bahasa Indonesia masuk peringkat empat sebagai bahasa paling bahagia di dunia.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini