Indonesia, Nomor Satu Asia Pengakses Internet via Ponsel

by
May 19th, 2015 at 10:40 am

CiriCara.com – Riset yang dilakukan Google bekerjasama dengan Barometer Konsumen dan Taylor Nelson Sofres, penggunaan ponsel pintar orang Indonesia meningkat dua kali lipat. Sebelumnya 14 persen, sekarang menjadi 28 persen. Peningkatan itu terjadi hanya dalam satu tahun.

pdkt ke cewek

Pacaran lewat SMS – Ist

Hasil riset itu juga mencatatkan sebuah fakta bahwa 62 persen Indonesia pakai telepon seluler atau ponsel untuk mengakses internet. Dengan persentase sebesar itu, Indonesia jadi negara nomor wahid dalam hal mengakses internet via ponsel untuk tingkat Asia, dan nomor tiga besar untuk level dunia.

Nah, aktivitas apa yang paling sering dilakukan para pengguna ponsel di dunia maya kala mereka asyik masuk berinternet? Browsing-kah? Atau apa? Ternyata, aktivitas yang paling sering dilakukan pengguna ponsel kala mengakses internet, bukan browsing, tapi mengunjungi media sosial semacam Twitter, Facebook, Instagram, Path dan lainnya. Persentasenya mencapai 43 persen.

Sementara persentase yang menggunakan mesin pencari hanya 24 persen. Sedangkan yang mengecek email, persentasenya kecil hanya 18 persen, untuk bermain game 11 persen, menonton video online 11 persen, yang pakai ponsel untuk belanja online persentasenya hanya 4 persen, mencari produk 11 persen, menggunakan online banding 3 persen, melihat peta dan arah 6 persen dan mendengarkan musik 15 persen.

Survei Google yang bekerjasama dengan Barometer Konsumen dan Taylor Nelson juga coba memotret tingkat penggunaan perangkat teknologi komunikasi yang dilakukan orang Indonesia. Hasilnya, orang Indonesia yang menggunakan telepon seluler, persentasenya mencapai 88 persen. Ini paling besar.

Sedangkan yang menggunakan ponsel cerdas persentasenya mencapai 28 persen. Dan yang menggunakan komputer, persentasenya 15 persen, lalu yang pakai tablet, persentasenya hanya 2 persen. Dan, yang menggunakan MP3, persentasenya sebesar 4 persen. Fakta ini saya dapatkan dari berita yang dimuat Koran Tempo.

Banyaknya penggunaan ponsel untuk mengakses internet di Indonesia, memang bukan hal yang luar biasa. Indonesia, adalah salah satu pangsa pasar besar bagi produsen telepon pintar. Tak hanya bagi produsen ponsel kelas premium, bagi produsen ponsel kelas mid low juga, Indonesia adalah ceruk bisnis yang menggiurkan.

Berbagai merek ponsel dengan beragam tipe beredar di Indonesia. Dari pelosok hingga tengah kota, budaya ponsel sudah mewabah. Dan, seiring dengan itu, pengakses ke jalur maya pun menggeliat naik signifikan. Imbasnya, pengguna media sosial semacam Facebook, Twitter, Instagram, Path dan lainnya meningkat. Terutama Facebook dan Twitter, dua medsos yang paling digemari di Indonesia. Wajar, bila kemudian survei Google mencatatkan, Indonesia sebagai negara nomor satu di Asia, pengakses internet via Ponsel.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini