Cara Berhijab yang Baik Agar Rambut Tetap Sehat

by
May 20th, 2015 at 1:35 pm

CiriCara.com – Memakai hijab atau jilbab tentu sudah menjadi kewajiban bagi semua Muslim wanita. Selain untuk menutup aurat, hijab ini juga bisa menambah aura kecantikan dari seorang perempuan. Apakah kamu juga termasuk Hijabers?

foto by vemale.com

 Vemale

Namun demikian, masih ada wanita yang enggan memakai hijab karena berbagai alasan. Mulai dari merasa panas, takut rambutnya rusak, ketombean, sampai rambut rontok. Padahal, semua masalah tersebut bisa dicegah jika kamu tahu caranya.

Berikut cara berhijab yang benar agar rambut tetap sehat:

1. Rambut sudah kering

Jika akan memakai hijab, pastikan dulu rambut kamu sudah benar-benar kering. Karena jika rambut masih lembap, lalu kamu memaksakan pakai hijab, maka hal ini bisa menimbulkan masalah di kulit kepala, seperti ketombe dan rambut rontok.

Selain itu, memakai hijab saat rambut masih lembap atau basah juga bisa memunculkan jamur. Rambut kepala pun bisa jadi bau. Karenanya, kamu harus memastikan dulu rambut kamu benar-benar sudah kering.

2. Sisir rambut

Sebelum memakai hijab, ada baiknya jika kamu menyisir rambut dulu agar lebih rapi dan tidak keluar-keluar dari hijab. Selain mempermudah kamu saat memakai hijab, menyisir rambut juga bisa mencegah adanya rambut yang terlipat. Jadi saat melepas hijab, tidak akan ada rambut yang ikut tertarik.

3. Pilih bahan hijab

Jangan hanya berpatokan pada model atau tren saja, kamu juga harus memilih hijab berdasarkan bahannya. Karena rambut kamu ini bakal bersentuhan langsung dengan hijab, maka pilih lah bahan hijab dengan bahan yang halus dan lembut. Hal ini mencegah terjadinya masalah rambut rontok.

4. Kebersihan rambut

Masalah rambut rontok tidak semata-mata disebabkan oleh hijab. Kebersihan rambut juga bisa jadi penyebab rambut rontok. Meskipun selama beraktivitas rambut kamu selalu tertutup hijab, tetap saja kamu harus rajin keramas. Pilih shampo yang cocok dengan rambut kamu. Tapi jangan terlalu sering juga, nanti malah rambut kamu jadi rusak.

5. Kenyamanan

Selain masalah rambut, kamu juga harus memperhatikan kenyamanan saat memakai hijab. Tidak perlu memakai hijab yang “aneh-aneh” modelnya. Hijab yang sederhana juga tidak masalah, yang terpenting menutup aurat.

Semoga penjelasan di atas berguna buat kalian. Terutama buat kalian yang baru belajar memakai hijab.

(YG)

Comment di sini