Hati-hati, Pemakaian Ponsel Berlebih Bisa Picu Cedera

by
May 20th, 2015 at 1:53 pm

CiriCara.com – Ada sebuah berita yang menurut saya harus jadi perhatian kita semua. Berita itu tentang efek pemakaian telepon seluler, atau ponsel atau ada yang menyebutnya gawai.

Ist

Ist

Seperti diketahui, ponsel sekarang ini seperti sudah jadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat disegala lapisan. Bahkan, ada survei yang mengungkapkan, bahwa ponsel benar-benar telah merubah perilaku kehidupan masyarakat. Orang saat ini, dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, tak bisa lepas dari ponsel.

Pola komunikasi pun berubah. Orang yang pegang ponsel, lebih suka berkomunikasi via ponsel ketimbang berkomunikasi langsung. Apalagi dengan hadirnya beragam fitur, serta kemampuan ponsel yang kian canggih, mampu dengan mudah mengakses dunia maya, pola perilaku pun ikut berubah drastis.

Padahal, pemakaian ponsel yang berlebih bisa berefek negatif. Efek negatif pemakaian ponsel yang berlebih saya dapatkan dari sebuah berita yang dimuat Harian Kompas edisi, Jumat 13 Maret 2015. Dalam sebuah beritanya, Kompas memuat hasil diskusi sebuah seminar bertajuk, ” Hand Clinic”.

Dalam beritanya, Kompas mengutip penjelasan Margareta Arianni, seorang dokter ahli ortopedi dari Rumah Sakit Premier Bintaro, yang jadi salah satu pembicara di seminar tersebut. Dalam penjelasannya, dokter Margareta mengatakan, bahwa gaya hidup modern, rentan memicu serangan sindrom lorong karpal atau cedera pergelangan tangan.

Nah, salah satu penyebab dari cedera pergelangan tangan adalah pemakaian ponsel dan komputer yang berlebihan. Penyebab lainnya, karena mengemudi terlalu lama. Ia pun kemudian mengungkapkan, bahwa 20 persen dari total pasien yang berobat ke RS Premier Bintaro, mengalami cedera pergelangan tangan. Mayoritas pasien berusia produktif. Jadi bijaklah dalam memakai ponsel atau komputer. Karena selalu saja ada efek negatif yang menyertainya.

Ponsel dan komputer memang mempunyai banyak manfaat, tapi kamu juga harus memperhatikan efek buruknya. Jangan sampai kamu terlalu asik dengan ponsel kamu dan malah menyebabkan gangguan kesehatan. Ingat! Sehat itu mahal, jadi cegahlah mulai dari sekarang.

Pakailah ponsel di saat yang penting saja, jangan terlalu berlebihan. Tangan kita juga butuh istirahat, jadi jangan berlebihan. Semoga bermanfaat!

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini