Ini Tugas Seorang Pemimpin yang Sebenarnya

by
May 20th, 2015 at 9:27 am

CiriCara.com – Yang kita tahu banyak sekali orang yang ingin menjadi pemimpin. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya orang yang mendaftar ingin menjadi pemimpin seperti di daerah, dalam sebuah komunitas atau sebuah organisasi. Alasan utama biasanya mereka yang ingin jadi pemimpin adalah karena mereka ingin memimpin. Karena pada dasarnya jika menjadi seorang pemimpin mereka mempunyai bawahan dan mereka yang jadi pemimpin ingin mengatur bawahannya.

pemimpin / Ist

pemimpin / Ist

Lalu apakah hanya memimpin saja? Berikut yang harus dilakukan sebagai seorang pemimpin.

1. Harus bisa memimpin

Tugas utama dari seorang pemimpin memang adalah memimpin. Hal itu bisa kita ketahui dari namanya yaitu pemimpin yang berarti yang memimpin. Jadi pada dasarnya sebagai seorang pemimpin ia harus bisa memimpin. Hal ini bisa dilakukan dengan awalnya memimpin diri sendiri. Jika dia sudah bisa memimpin diri sendiri, dia cenderung akan bisa memimpin orang lain.

2. Mengendalikan Orang dan Diri Sendiri

Pemimpin harus bisa mengendalikan orang lain dan juga diri sendiri. Dia terutama harus bisa mengendalikan diri sendiri. Lalu bisa mengontrol orang lain yang berada di bawahnya. Ya tentu saja untuk mencapai tujuan dari kelompok yang ia pimpin. Bukan mengendalikan untuk kepentingan pribadi.

3. Memecahkan Masalah

Walaupun ia bertugas untuk memimpin dan mengontrol orang lain, namun sebagai seorang pemimpin ia harus bisa bersikap bijak dan harus bisa memecahkan masalah yang ada. Karena semua bawahannya hanya mengerjakan tugas sesuai perintahnya. Jika pemimpinnya saja tidak bisa memecahkan masalah, bagaimana dengan kinerja anak buahnya sendiri?

4. Melayani

Hah? Masak sebagai seorang pempin ia harus melayani? Istilah sebagai seorang “Servant Leader” saat ini sangat sering digunakan. Karena sebagai seorang pemimpin kita tidak hanya memimpin, mengontrol dan mengendalikan bawahan kita. Namun kita harus juga bisa melayani. Yang dimaksud misalnya ada kendala dari bawahan kita, kita harus bisa membantu. jadi kita juga tetap harus melayani walaupun kita sebagais eorang yang berada di atas.

Kalau menurut diri kalian sendiri, bagaimana sifat dan sikap pemimpin seharusnya yang terbaik?

Penulis: -Secret OL-

Artikel lain: 3 Peranan Penting Seorang Pemimpin

Comment di sini