Meskipun Sibuk, Sempatkanlah Waktu 10 Menit untuk Tidur Siang

by
May 20th, 2015 at 9:15 am

CiriCara.com – Tidur itu sangat penting loh. Hal ini dikarenakan tidur dapat membuat badan terasa segar kembali. Tapi apakah tidur di siang hari itu sehat buat tubuh? Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kesehatan seseorang.

tidur siang

Tidur siang – Ist

Sebagian orang tentu akan mengatakan kalau orang tidur pada siang hari itu mencirikan orang yang malas. Tapi menurut para ahli, tidur itu bisa membantu Anda kembali meningkatkan stamina supaya dapat mudah mengerjakan segala aktivitasnya.

Perlu Anda ketahui juga, orang yang tidak bisa mencari waktu luang sebentar untuk tidur siangnya, maka akan berdampak penurunan kognitif serta dapat berakibat buruk terhadap produktivitas Anda.

Ada banyak sekali manfaat bila Anda menyempatkan aktivitas sejenak dengan tidur siang. Namun, ada hal yang mesti Anda tahu, janganlah terlalu lama juga untuk tidur siang berlebih. Sempatkanlah waktu untuk tidur siang kira-kira 10 menit saja. Jika Anda telalu berlebihan mengambil waktu tidur siangnya, maka bukan efek bagus yang bisa Anda dapatkan melainkan efek negatif yang justru dapat menghampiri Anda diantaranya cepat lelah, lemas, dan kurang bergairah dalam mengerjakan aktivitas.

Seperti yang dikutip dalam situs boldsky.com, ada beberapa manfaat bila Anda menyempatkan waktu 10 menit untuk istirahat. Mau tahu manfaat apa sajakah itu? Simak informasinya berikut ini:

- Memori

Studi terbaru mengungkapkan orang yang meluangkan waktu untuk tidur siang terasa lebih segar, dapat meningkatkan daya kognitif, serta memori yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak tidur siang.

- Menurunkan tekanan darah

Jika tekanan darah Anda naik, coba sempatkan diri untuk tidur siang. Tidur siang dapat membantu seseorang untuk menurunkan tekanan darah. Namun, hingga saat ini para peneliti belum bisa menjelaskan hubungan keterkaitan antara orang yang tidur siang dengan penurunan tekanan darah.

- Relaksasi

Tidur siang juga bisa membuat Anda menjadi tenang. Hal ini dapat mengurangi sikap Anda seperti mudah tersinggung dan marah-marah yang berlebihan. Para ahli pun berpendapat, bahwa tidur siang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seseorang.

- Fokus Bekerja

Mungkin banyak orang menganggap bahwa dengan asupan kafein seperti kopi dapat membuat fokus bekerja. Namun, ada cara alami yang bisa meningkatkan fokus Anda dalam bekerja yakni dengan meluangkan waktu tidur di siang hari walaupun hanya sebentar.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini