Sejarah Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei

by
May 20th, 2015 at 3:20 pm

CiriCara.com – Rabu, tanggal 20 Mei 2015 ini sejumlah jalan di Jakarta ramai oleh demonstran. Mereka menggelar aksi unjuk rasa untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ditetapkan pada 20 Mei.

bendera Indonesia

Bendera Indonesia – Ist

Mungkin sebagian di antara kalian masih ada yang belum tahu kenapa tanggal 20 Mei itu ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Lalu, peristiwa penting apakah yang terjadi di tanggal itu? Berikut adalah penjelasannya.

Seperti yang dilansir Merdeka.com, Harkitnas itu sendiri ditetapkan oleh presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno pada 20 Mei 1948. Pada tanggal 20 Mei itu juga diketahui merupakan hari lahirnya organisasi Boedi Oetomo atau dibaca Budi Utomo.

Kenapa Soekarno memilih tanggal 20 Mei? Menurut sejarah, saat itu tengah terjadi gejolak politik yang kian memanas di Indonesia. Pada tahun 1948 itu juga, Kabinet Amir Syarifuddin jatuh dan naiklah Mohammad Hatta sebagai perdana menteri.

Terjadilah perseteruan di antara keduanya dan menyeret sejumlah partai politik, seperti PNI, Masyumi, dan PSI. Gejolak juga muncul di kalangan TNI hingga terjadi saling culik. Padahal saat itu, pihak Belanda masih mencoba untuk kembali berkuasa di Indonesia.

Melihat kondisi tersebut, Soekarno pun menetapkan tanggal lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Soekarno berharap dengan adanya Harkitnas itu, masyarakat, partai politik, dan tokoh di Indonesia kembali bersatu melawan Belanda.

Untuk memperingati Harkitnas, digelar acara untuk mengumpulkan partai dari berbagai golongan. Diadakanlah pawai bersama, pertandingan, dan juga ziarah bersama. Soekarno berharap agar Hari Kebangkitan Nasional itu bisa mencegah perpecahan antar golongan.

Namun demikian, ditetapkannya tanggal 20 Mei sebagai Harkitnas, saat ini masih jadi kontroversi. Banyak sejarawan yang mempertanyakan alasan dipilihnya tanggal tersebut. Pasalnya organisasi Boedi Oetomo saat itu dikenal tidak begitu kuat dalam menentang Belanda.

Menurut kamu bagaimana?

(YG)

Comment di sini