Tips Orang Tua untuk Menghindari Anak Stres Karena Ujian

by
May 20th, 2015 at 11:18 am

CiriCara.com – Anda tentu pernah mengalami stres ketika menghadapi ujian. Stres ketika menghadapi suatu ujian merupakan hal yang sudah biasa dijalani oleh semua orang. Ketika menghadapi waktu ujian yang kian dekat ataupun durasi waktu ujian telah habis tentu kita akan mengalami namanya suatu ketegangan dan gelisah.

Meningkatkan peran orangtua / Ist.

Meningkatkan peran orangtua / Ist.

Membahas mengenai ujian ini, pernah gak suatu ketika khususnya untuk para orang tua, anaknya mengalami stres ketika menghadapi ujian. Pasti pernah kan? Jika mengalami stres tentunya orang tua harus bertindak dan mencari cara tertentu agar anak tidak mengalami stres. Jika anak telah mengalami stres yang cukup serius, hal yang dikhawatirkan ialah akan berdampak gangguan kesehatan pada si anak.

Gangguan kesehatan pada anak bisa saja meliputi kecemasan, menurunkan tingkat memori, mengurangi nafsu makan, mudah sekali lelah, dan menyebabkan anak Anda mengalami insomnia. Jika anak Anda mengalami hal-hal yang seperti itu, sebaiknya orang tua harus mencari cara yang terbaik untuk anak agar dapat tercegah dari gangguan kesehatan tersebut.

Seperti yang dikutip dari Boldsky, ada cara yang terbaik untuk orang tua bila mengalami situasi ketika anak mengalami stres karena ujian. Penasaran? Simak informasinya berikut ini.

- Mengalihkan pikiran

Ketika anak Anda mengalami stres karena ujian, hal yang pertama dilakukan oleh orang tua adalah dengan mengalihkan pikiran anak Anda walaupun hanya sebantar. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak mengalami rasa ketegangan dan stres secara terus-menerus. Jika anak Anda mengalami stres, tentunya akan menyebabkan gangguan kesehatan anak Anda.

- Menjelaskan Makna Dibalik Ujian

Dekatilah anak Anda dan jelaskan kepada si anak mengenai tujuan seseorang menghadi ujian. Hal ini bertujuan agar anak tahu pentingnya ujian untuk pendidikannya. Orang tua yang mampu menjelaskan tujuan ujian kepada anaknya, anaknya akan cenderung memiliki tujuan yang positif dalam hidupnya. Selain itu, anak akan merasa terlatih untuk meningkatkan keterampilannya dan akan mengerti segala sesuatu dibalik ia menghadapi suatu ujian

- Memberikan beberapa hiburan

Untuk menghindari stres pada anak, sebaiknya orang tua mengizinkan akanya untuk membaca buku cerita ataupun dengan bermain video game. Hal ini bertujuan agar anak tidak terfokus dalam ujian yang terus-menerus. Akan tetapi, jangan biarkan anak Anda terus menghabiskan waktunya untuk kegiatan seperti itu.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini