Ini Dampak Pemakaian Kosmetik yang Harus Diperhatikan

by
May 21st, 2015 at 11:10 am

CiriCara.com – Siapa sih yang tak ingin tampil dan terlihat cantik? Pasti semua kaum hawa menginginkan, penampilannya dipuji orang, terutama orang-orang yang dicintainya, entah sahabat, pacar, atau suami dan kerabat.

membersihkan makeup

Ist

Bahkan, saking ingin tampil cantik ada yang rela menghabiskan banyak uang agar bisa tampil beda. Lewat operasi plastik misalnya. Hidung yang tadinya agak pesek pun di permak jadi mancung. Pun dagu dan lainnya. Bahkan, ada pula yang ‘memperbaiki’ bentuk dan ukuran payudaranya, agar bisa terlihat seksi.

Bagi yang punya dana pas-pasan, mungkin akan menyesuaikan dengan bujet. Biasanya, mereka akan melirik produk-produk kecantikan yang bisa merubah penampilannya, entah itu wajah atau tubuh. Krim pemutih kulit, adalah salah satu produk yang paling laris manis. Bahkan, di dunia maya, produk sejenis krim yang diklaim dapat memutihkan kulit wajah, jadi salah satu produk yang paling banyak dicari. Penjual produk jenis ini pun bertebaran di dunia maya. Mereka berlomba-lomba menawarkan produk yang dijualnya disertai dengan ‘kecap nomor satu’ keunggulan dari produknya.

Tapi, hendaknya, jangan terlalu berlebihan dalam memakai produk kecantikan. Banyak yang memiliki efek samping tak baik bagi si pemakainya. Alih-alih bisa berubah cantik, justru ‘petaka’ atau masalah yang dituai. Jangan sampai seperti itu. Karena itu, teliti dulu sebelum membeli produk. Jadilah pembeli yang kritis. Coba, cari tahu informasi yang akurat tentang produk yang hendak dibeli. Jangan sampai, menyesal di belakang hari.

Nah, ini ada berita yang layak jadi referensi bagi kaum hawa yang ingin tampil cantik, agar tak menyesal dikemudian hari. Berita itu, mengulas tentang bahaya make up yang berlebihan. Kadang, kita tak menyadari ada bahaya yang mengintai dibali pemakaian make up.

Apa saja efek negatif dari pemakaian make up itu? Pertama, dalam berita itu diwanti-wanti, jangan memakai make up atau produk kecantikan yang sudah kadaluwarsa. Menurut dermatologist David Bank, M.D., seperti dilansir laman Womens Health Magazine, tanda kadaluwarsa diterapkan dalam kemasan produk memiliki satu alasan. Tapi acapkali para penggunanya mengabaikan itu. Dan, menganggap kadaluwarsa sebuah produk kecantikan tak punya pengaruh apa-apa. Padahal, produk kecantikan yang sudah kadaluwarsa, punya efek samping yang bisa jadi masalah kesehatan bagi pemakaiannya. Produk kecantikan yang kadaluwarsa, seperti produk make up, bisa memicu infeksi. Atau membuat mata merah dan iritasi.

David Bank juga mewanti-wanti para kaum hawa, jangan sampai tidur dengan wajah yang bermake-up. Karena make up, dapat membuat pori-pori tersumbat. Iritasi mata sangat mungkin terjadi. Apalagi, bila yang punya kebiasaan tidur miring, kata Bank, jejak riasan bisa menyusup ke mata, dan itu akan memicu iritasi. Jadi, secapai apapun anda, sempatkan waktu barang sejenak membersihkan sisa make up yang masih menempel di wajah. Jangan sampai, karena malas membersihkan make up menjelang lelap, masalah yang akan dituai.

Peringatan lain yang diungkapkan David Bank adalah terkait dengan ‘lasah extensions’ atau lem bulu mata. Kata Bank, lem bulu mata itu mengandung formalin, yang bisa memicu iritasi mata.

Soal eyeliner juga Bank mewanti-wanti. Katanya, eyeliner bisa mengenalkan mata Anda pada bakteri asing. Mata memang memiliki bakteri alami. Tapi, ketika anda menggunakan eyeliner, sama saja anda mengenalkan bakteri asing ke mata.

Nah, Bank juga memperingatkan jangan berbagi make up dengan orang lain. Inilah yang acapkali jadi kebiasaan. Karena merasa dekat, acapkali seseorang gampang saja berbagi make up dengan orang lain. Padahal kata Bank, itu punya dampak negatif. Berbagi make up, bisa memicu resiko infeksi. Bank mencontohkan, misalnya berbagi pakai eyeliner atau lipstik. Katanya, itu membuka resiko tertular infeksi virus seperti konjungtivitis, staph dan luka dingin.

Disarikan dari berita yang dimuat di www.jpnn.com.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini