3 Hal yang Menyebabkan Kamu Sulit Tidur

by
May 27th, 2015 at 2:00 pm

CiriCara.com – Ketika malam tiba, mungkin sebagian dari kita sulit sekali untuk melakukan tidur. Sulit tidur akan menyebabkan seseorang akan lemas ketika bangun pada pagi harinya. Membahas mengenai sulitnya tidur ini, sebenarnya apa sih yang menyebabkan seseorang sulit tidur di malam hari? Mau tahu kelanjutannya? Simak yang satu ini ya.

insomnia - Ist

insomnia – Ist

1. Sering Menggunakan laptop/tablet/ponsel di tempat tidur

Anda sering menggunakan barang elektronik seperti ponsel, tablet, dan laptop pada saat sebelum tidur? Sebaiknya jangan ya. Hal ini bisa menyebabkan penggunaan barang elektronik seperti ponsel, tablet, dan laptop sebelum tidur bisa mengganggu kualitas tidur. Lantas mengapa penggunaan barang elektronik bisa menganggu kualitas tidur? Para peneliti mengungkapkan bahwa cahaya yang ada di barang elektronik dapat merusak produksi melatonin. Melatonin ialah sejenis hormone yang bisa mengatur siklus tidur seseorng.

2. Bermain video game/menonton TV

Tidak hanya pada tablet, ponsel ataupun laptop ya, bermain video game atau menonton TV sama saja bisa mengganggu kualitas tidur seseorang. Gangguan tidur seseorang disebabkan karena adanya cahaya dari barang eletronik seperti video game dan televise yang bisa merusak siklus tidur. Selain itu, juga dapat mengganggu sikap mental Anda.

3. Mengonsumsi makanan cepat saji

Sulit tidur juga bisa saja disebabkan karena seserang terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji ataupun makanan berat. Ketika orang sedang melakukan aktvitasnya seperti tidur, mungkin tubuh juga akan sulit untuk mencernakan makan. Hal inilah yang menyebabkan seseorang sulit sekali merasakan tidur yang nyenyak.

Kalau Anda memang sekali ingin makan, Sebaiknya Anda makan pada waktu 2 atau 3 jam sebelum tidur. Hindari juga ya makanan seperti berlemak, asin, makanan pedas, dan cokelat.

Ngomongin masalah makanan, ko bisa sih makanan seperti itu bisa mengganggu kualitas tidur? Seperti yang dikutip dari merdeka.com bahwa cokelat mengandung kafein. Selain memiliki kandungan kafein, cokelat dianggap dapat meningkatkan denyut jantung sehingga cokelat dianggap dapat mengganggu kualitas tidur. Kemudian makanan yang berlemak, asin, dan pedas dapat meningkatkan asam lambung di dalam tubuh.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini