Latihan Nyanyi Unik “Ala” Cakra Khan

by
May 27th, 2015 at 8:48 am

CiriCara.com – Siapa yang tak kenal dengan Cakra Khan. Pasti banyak yang mengenal penyanyi bernama lengkap Cakra Konta Paryaman. Bahkan, mungkin banyak pula yang jadi penggemarnya. Ya, Cakra Khan, penyanyi dengan suara khas berserak, adalah penyanyi yang unik. Suaranya, membuat Cakra langsung dikenal dan banyak menggaet penggemar.

Cakra Khan

Ist

Salah satu lagu Cakra, “Harus Terpisah” pernah begitu digemari. Lewat lagu itu, Cakra, penyanyi kelahiran Pangandaran, Jawa Barat, 27 Februari 1992 itu, namanya langsung melambung dan menembus belantika musik di Tanah Air. Namanya pun langsung ditempatkan di deretan artis papan atas. Karena lagu itu pula, Cakra kebanjiran job.

Tentu, bagi Cakra, suara khas adalah anugerah sekaligus aset yang harus dijaga. Sebagai penyanyi, ia harus bisa menjaga performa suaranya. Terutama merawat dan melatih suaranya yang khas yang telah mampu menyisir para penikmat musik di Tanah Air.

Nah, Cakra pun rajin berlatih, agar kualitas suaranya yang khas tetap terjaga. Cara latihan Cakra dalam merawat kualitas suaranya itu yang menurut saya unik dan menarik. Latihan Cakra, unik dan sedikit berbeda dengan latihan yang dilakukan penyanyi lainnya.

Seperti apa caranya? Setiap subuh, sudah jadi kebiasaan Cakra untuk bangun lebih awal. Nah, ia pun menggunakan momen bangun subuh itu untuk melatih kualitas suaranya. Maka, ketika ia membangunkan penghuni rumah, ia akan bersuara keras-keras. Menurut Cakra, cara itulah yang ia pakai, agar kualitas olah suara dia terjaga terus. Unik, seperti pepatah, sambil menyelam minum air, sambil membangunkan, sekaligus latihan suara.

Menurut Cakra, kebiasan uniknya itu sangat berguna agar pita suaranya itu longgar. Dan, cara uniknya itu bisa membuat ia tahan bernyanyi lama. Bahkan, ketika ngekos di Bandung, ia selalu menyempatkan diri ‘latihan vokal’ di kamar mandi selama satu jam. Latihannya, tak ada lagi, selain teriak-teriak.

Kebiasan unik Cakra melatih olah suaranya, saya baca di sebuah berita ringan yang dimuat Majalah Tempo, edisi 8 Juni 2014.

Saya kira, menarik juga dan layak ditiru bagi siapapun yang ingin jadi penyanyi seperti Cakra. Tapi, yang jadi pertanyaan saya, apa dengan teriak membangunkan penghuni rumah, Cakra tak takut dikomplain oleh tetangga sebelah yang mungkin terganggu dengan caranya melatih kualitas suara? Atau Cakra, sudah ‘kulonuwun’ memohon maklum kepada para tetangga, agar tak merasa terganggu dengan kebiasaannya? Soal ini, saya tak dapat penjelasan dari Cakra dalam berita yang dimuat Majalah Tempo tersebut.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini