Tips Agar Motor Baru Tidak Cepat Rusak

by
May 27th, 2015 at 9:41 am

CiriCara.com – Motor baru bakal jadi kesayangan apalagi kalau belinya pakai uang sendiri. Rasa hati ingin merawat kendaraan tersebut namun yang kita dapat justru sebaliknya jika tidak tahu cara merawat motor baru yang benar. Salah-salah, kuda besi tersebut malah cepat kusam bahkan rusak.

motor injeksi

Motor injeksi – Ist/Merdeka

Nah, berikut tips agar motor baru tidak cepat rusak:

1. Bensin Berkualitas

Kadang kita tergiur dengan harga bahan bakar jenis tertentu yang lebih murah. Namun, tahukah Anda bahwa harga berbanding lurus dengan kualitas bahan bakar tersebut. Ini akan berpengaruh pada performa mesin.

Mari kita bandingkan kualitas bahan bakar premium dan pertamax. Nilai oktan pertamax lebih tinggi dibandingkan premium yang menandakan kualitas serta pengaruhnya terhadap mesin lebih baik. Nilai oktan, stabilitas oksidasi, olefin, dan lain-lain dalam pertamax menghasilkan proses pembakaran yang lebih bersih. Dengan begitu, kerja mesin dapat meningkat dan umurnya lebih panjang.

2. Tidak Dijemur

Beberapa di antara kita sering ceroboh membiarkan motor baru terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Untuk menjaga warna kendaraan agar tahan lama, tindakan itu perlu dihindari. Paparan sinar matahari akan membuat warna cepat pudar. Parkirlah motor pada tempat teduh. Alternatif lainnya, bisa dengan menutup kendaraan tersebut dengan kain, mantel, kardus bekas, dan lain-lain.

3. Rutin Memanaskan Motor

Karena diburu waktu, kita sering menghidupkan motor kemudian langsung menjalankannya. Agar performa mesin tetap baik, panaskan motor sebelum digunakan. Cukup dengan lima menit saja. Aturlah waktu sebaik mungkin. Namun, tidak juga memanaskan motor terlalu lama karena pipa knalpot bisa menguning serta boros bahan bakar.

4. Perawatan Berkala

Jangan sia-siakan servis gratis yang diberikan dealer. Perhatikan buku atau kartu servis yang diberikan dan cek kapan motor Anda harus diservis. Lakukan di bengkel resmi untuk menjaga kedetailan servis. Bengkel resmi juga menyediakan suku cadang yang lebih lengkap dan asli.

5. Cuci

Jika Anda ingin motor baru tidak cepat rusak maka rajinlah mencucinya. Jangan biarkan debu dan pasir menumpuk apalagi setelah melewati jalan berlumpur. Kotoran pada mesin akan membuatnya cepat berkarat. Kerangka-kerangkanya pun cepat keropos.

Penulis: Ummu Solid

Comment di sini