Tips Merawat Hamster

by
May 27th, 2015 at 10:29 am

CiriCara.com – Hamster adalah hewan pengerat yang berada di hampir seluruh wilayah di dunia. Ekornya yang pendek membedakannya dari spesies lain yang juga merupakan hewan pengerat sekaligus hama, tikus. Perawatan hewan yang kebanyakan berasal dari Suriah ini cukup mudah. Hanya saja, dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran ekstra untuk menjaga kandangnya tetap bersih dan hamster tetap sehat.

Merawat Hamster

Ist

Berikut tips merawat Hamster.

1. Hewan Nokturnal

Hamster adalah hewan yang bersifat nokturnal. Artinya, hamster lebih aktif di malam hari. Di siang hari, hamster cenderung ‘bermalas-malasan’. Sesuai karakteristik hewan pengerat yang memiliki gigi yang sangat tajam, hamster juga memiliki karakteristik tersebut. Karenanya, sebaiknya jangan membangunkan hamster di siang hari selagi ia sedang tidur. Hal tersebut dapat menyebabkannya terkejut dan akhirnya menggigit.

2. Siapkan kandang dan alat main

Kandang yang dipilih bisa yang berjeruji ataupun yang dari plastik dan berwarna-warni. Akan tetapi, perlu diperhatikan untuk tidak menggabungkan terlalu banyak hamster dalam satu kandang. Alasi kandang dengan serbuk kayu atau potongan koran agar lebih nyaman. Pastikan terdapat workout station agar hamster dapat berolahraga dan menjaga tubuhnya tetap sehat. Sediakan pula air minum dan ‘rumah’ agar hamster dapat lebih nyaman di kandangnya.

3. Makanan

Makanan hamster telah banyak dijual di toko perlengkapan hewan. Sama seperti anjing atau kucing, hamster juga memiliki hamster foodHamster food terdiri dari campuran berbagai jenis makanan yang biasa dikonsumsi hamster. Akan tetapi, variasikan pula dengan makanan segar setiap 3 hari sekali.

4. Kebersihan

Kebersihan kandang harus selalu dijaga. Pastikan alas kandang (serbuk kayu) diganti setiap hari. Selain itu, ‘rumah’ hamster juga harus dibersihkan. Hal ini dikarenakan hamster memiliki kebiasaan untuk menyimpan makanan di dalam rumahnya sebagai cemilan di malam hari. Setelah memberi makanan segar, kita juga tidak boleh lupa membersihkannya sebelum makanan tersebut menjadi busuk.

5. Bayi hamster

Hamster betina yang baru melahirkan jelas harus dipisahkan dari hamster jantan. Bayi hamster pun tidak boleh tersentuh tangan. Hal ini dikarenakan hamster betina akan mencium bau yang bukan miliknya dan akhirnya tidak lagi menganggap bayi-bayi tersebut sebagai bayinya. Makanan untuk hamster betina juga harus disediakan sangat banyak. Hamster yang memiliki bayi lebih mudah kelaparan.

Penulis: Myra Florencia

Comment di sini