3 Manfaat dari Asam Jawa

by
May 28th, 2015 at 8:49 am

CiriCara.com – Siapa yang di sini belum tahu asam jawa? Mungkin semua orang tentu sudah tahu asam jawa. Membahas mengenai asam jawa, ternyata banyak sekali manfaatnya. Asam jawa sering kali digunakan sebagai bahan kuliner dan juga sebagai bahan pengobatan tradisional.

Asam Jawa

Ist

Namun, tahukah Anda, apa nama ilmiah dari dari asam jawa? Nama ilmiah dari asam jawa ialah Tamarindus indica. Asia mengenal tanaman Asam Jawa ini sebenarnya sudah lama sekali yakni sejak 5.000 tahun yang lalu. Buat Anda yang penasaran ingin tahu manfaat dari Asam Jawa ini, saya akan kasih informasinya, seperti yang dilansir dari merdeka.com.

Simak informasinya berikut ini.

1. Jantung

Bagi Anda yang memang punya gangguan kesehatan seperti kolestrol, maka jangan ragu-ragu untuk mengonsumsi Asam Jawa. Asam Jawa selain dikenal untuk membantu mengurangi kolestrol darah, Asam Jawa juga mampu untuk mengurangi tekanan darah. Hal yang luar biasa dari Asam Jawa ini ialah banyak sekali kandungan vitamin C nya. Vitamin C yang terkandung dari Asam Jawa dipercaya mampu untuk menjadi antioksidan yang dapat mencegah Anda dari radikal bebas. Apalgi radikal bebas tersebut bisa berdampak untuk memunculkan penyakit lain seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Fungsi saraf

Kalian tahu apa unsur utama vitamin dari buah Asam Jawa? Unsur utama yang terkandung dari Asam Jawa ialah vitamin B kompleks. Para ilmuan kesehatan menyatakan kalau vitamin yang paling signifikan yang ada di Asam Jawa ialah vitamin B kompleksnya. Bagian yang paling penting untuk vitamin B terletak pada Tiamin, Tiamin ini banyak sekali ditemukan pada Asam Jawa. Fungsi dari Tiamin sendiri ialah dapat mengembangkan otot, mampu untuk meningkatkan fungsi saraf dan sekaligus membantu Anda untuk selalu aktif.

3. Sistem kekebalan tubuh

Vitamin C yang banyak pada Asam Jawa dan memiliki senyawa antioksidan yang dapat bermanfaat untuk manusia, membuat Asam Jawa ini dapat memberikan efek postif diantaranya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah seseorang terinfeksi dari mikroba dan jamur. Selain berguna untuk mecengah jamur dan mikroba, Asam Jawa juga bisa mengobati timbulnya parasit di dalam tubuh.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Comment di sini