Apa Itu Saham?

by
May 28th, 2015 at 11:39 am

CiriCara.com – Pernah mendengar kata saham? Saham adalah kata yang tidak asing lagi terutama bagi mereka yang berkecimpung ke dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, pasti kita ingin mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang ingin didapatkan bukanlah keuntungan yang dalam jangka pendek saja melainkan mereka ingin mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Karena itu sering dari mereka melakukan yang namanya investasi.

cara investasi aman

Investasi – Ist

Nah, salah satu jenis investasi yang mulai booming saat ini adalah investasi di saham. Lalu apa saham itu sendiri? Berikut beberapa hal seputar saham.

1. Investasi di Perusahaan Lain

Saham adalah sebuah investasi yang kalian lakukan pada sebuah perusahaan lain. Jadi, kalian menanamkan modal Anda pada sebuah perusahaan yang menerbitkan saham tersebut. Nah jumlah modal yang kalian tanamkan akan berpengaruh pada sebanyak dan sebesar apa penguasaan kalian terhadap saham tersebut. Semakin banyak kalian menanamkan modal, semakin banyak jumlah saham yang dikuasai dan semakin besar pula bagian kalian dalam peran perusahaan tersebut.

2. Terdiri dari Saham Biasa dan Saham Istimewa

Ada yang namanya saham biasa atau sering disebut dengan ordinary shares dan saham istimewa atau yang sering disebut dengan preference shares. Apa perbedaannya? Saham biasa bisa ditarik atau dibeli kembali oleh perusahaan sang penerbit sedangkan saham istimewa tidak bisa ditarik kembali. Lalu saham biasa, penerimaan dividennya tidak pasti. Kalau saham istimewa, penerimaan dividennya pasti. Namun, di Indonesia sendiri, saham istimewa belum ada yang diterbitkan.

3. Penerimaan Dividen dan Gain dari Penjualan

Nah, keuntungan yang kalian dapatkan dari investasi pada saham adalah pembagian dividen dan keuntungan (gain) dari penjualan saham. Kalau gain dari penjualan diperoleh di saat harga saham mengalami kenaikan, kalian bisa menjualnya lalu bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham tersebut. Sedangkan kalau pembagian dividen biasanya akan dibagikan pada akhir tahun dan tergantung dari berapa besar laba yang didapatkan perusahaan selama satu tahun tersebut.

Tertarik investasi saham? Pelajari secara betul bagaimana melakukan investasi dalam saham sehingga kalian bisa menerima keuntungan dari investasi saham tersebut. Semoga bermanfaat.

Penulis: -Secret OL-

Comment di sini