Apa itu Suku Sungkai di Lampung?

by
May 28th, 2015 at 9:31 am

CiriCara.com – Suku Sungkai merupakan suku adat yang berada di Pepadun Lampung dan merupakan komunitas terbesar di wilayah Lampung tersebut. Suku Sungkai ini terdiri dari tujuh Kebuwayan Besar seperti: Buway Selembesi, Buway Indor Gajah, Buway Perja, Buay Harayap, Buway Liwa, Buway Dibintang, dan Buway Semenguk.

Suku Sungkai

Ist

Sejarah Suku Sungkai berawal dari Komering yang dulunya banyak orang Komering bermigrasi keluar daerah asalnya di sepanjang aliran sungai Way Komering yang bertujuan untuk mencari kehidupan yang baru, setelah menemukan lahan baru mereka membuka pemukiman baru atau yang sering disebut dengan umbul.

Perpindahan kali pertama dilakukan oleh kaum Komering dari marga Bunga Mayang yang akhirnya berafiliasi dengan suku Sungkai yang kemudian namanya dilebur menjadi suku Lampung Bunga Mayang. Jadi dapat diberi pengertian bahwa suku Sungkai atau kelompok Lampung Sungkai berasal dari nenek moyangnya yaitu orang Komering sekitar tahun 1800 Masehi. Sekitar tahun 1818 s.d 1834 Masehi suku tersebut mengalami kemajuan karena bisa mempersembahkan dengan penyembelihan sekitar 64 ekor kerbau dan dibagi rata ke seluruh Kebuayan Abung.

Dengan keberhasilan tersebut maka oleh Suku Abung, suku Sungkai dinyatakan berada di bawah kekuasaan adat Lampung Pepadun dan seluruh tanah yang telah diserahkan kepada Buay Nunyai menjadi hak milik mereka.  Kemudian suku Sungkai mengalami perkembangan yang sangat pesat dengan dibuktikan perkembangan penduduknya yang menyebar ke Sungkai Selatan, Sungkai Utara, Sungkai Jaya dan sebagainya.

Dan penduduk di daerah Sungkai Utara terdapat penduduk yang berasal dari Komering Kotanegara, mereka merupakan generasi keempat sampai kelima yang hingga kini menetap di daerah tersebut. Mereka membangun daerah tersebut dengan gotong royong serta membina kesejahteraan antar golongan satu dengan golongan lainnya. dengan kepesatan pendudukanya mereka sering saling tolong menolong, bantu membantu tanpa membedakan suku satu dengan suku lainnya.

Demikian tentang Suku Sungkai yang berada di provinsi Lampung. Semoga dengan informasi di atas kita bisa menambah ilmu pengetahuan dan juga lebih mengenal Suku Sungkai yang juga merupakan bagian dari Indonesia. Semoga bermanfaat.

Penulis: MasArif

 

Comment di sini