Macam-Macam “Pensiun” yang Perlu Kamu Tahu

by
May 28th, 2015 at 9:01 am

CiriCara.com – Pensiun adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang. Mungkin karena ia lelah dan ingin beristirahat dari perkejaan yang ia lakukan. Namun ada juga mereka yang tidak ingin melakukan pensiun karena mungkin mereka masih membutuhkan perkejaan atau mereka masih memiliki semangat kerja yang tinggi.

Pensiun

Ist

Lalu apakah kalian tau bahwa pensiun memiliki beberapa macam? Berikut akan dibahas beberapa macam pensiun.

1. Pensiun Wajar atau Umum

Maksudnya di sini adalah mereka akan pensiun atau diberhentikan dari perusahaan dikarenakan memang mereka telah mencapai umur tertentu dan merupakan umur maksimal untuk bekerja pada suatu perusahaan tersebut. Biasanya mereka bisa mencapai umur hingga 55 tahun bahkan ada yang menetapkan usia 60 tahun sebagai usia tertua untuk mereka dapat bekerja dan dijadikan karyawan tetap dalam perusahaan tersebut.

2. Pensiun Dini

Maksudnya adalah, bukan kebijakan dan keputusan perusahaan untuk melakukan pensiun pada karyawannya. Namun karyawannya sendiri yang memilih pensiun di usia sebelum usia tertua yang diperbolehkan dan ditetapkan perusahaan. Nah, karena mereka memilih mengajukan diri di usia yang belum seharusnya, maka mereka bisa disebut melakukan pensiun dini.

3. Pensiun Karena Faktor Internal Tubuh

Hal ini dikarenakan perusahaan terpaksa melakukan pensiun atau mereka yang meminta pensiun dikarenakan fisik mereka sudah tidak mampu bekerja secara normal. hal ini bisa disebabkan karena karyawan tersebut mengalami sakit sehingga membuatnya tidak bisa bekerja secara normal atau mereka mungkin mengalami kecelakaan fisik yang mengakibatkan cacat dan membuat mereka tidak dapat melakukan aktivitas normal lagi.

4. PHK

Nah, ini yang paling menyedihkan. Mereka diputuskan oleh perusahaan melalui pemutusan hubungan kerja. Jadi, hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya karena perampingan jumlah karyawan, atau juga bisa disebabkan karena ada kesalahn yang membuat kita harus diberhentikan atau dipensiunkan.

Nah, tapi pada umumnya jika seorang karyawan memilih atau diputuskan untuk pensiun, maka karyawan tersebut akan menerima dana pensiun atau sering disebut dengan pesangon. Atau bahkan jika dari pemerintah, ada uang pensiun yang diterima secara rutin dalam jangka waktu tertentu secara rutin.

Penulis: Blue17

Comment di sini