3 Manfaat Bila Kamu Rajin Makan Brokoli

by
May 29th, 2015 at 11:10 am

CiriCara.com – Makanan apa yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh? Tentu pasti kamu akan menjawab makanaan buah-buahan dan sayuran. Ya sayuran dan buah-buahan memiliki peranan penting untuk kesehatan tubuh dan memiliki manfaat yang banyak sekali.

brokoli / Ist

brokoli / Ist

Maka jangan heran, sayuran yang kita makan setiap hari memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk tubuh seperti nutrisi dan vitamin. Jadi saran saya, agar kamu tetap sehat terus sebaiknya kamu makan sayuran ini setiap hari ya. Lalu sayuran apa saja sih yang harus kita konsumsi setiap hari? Itulah pertanyaan yang membuat kita sering bertanya-tanya. Menurut informasi yang saya dapat, bahwa sayuran yang baik untuk dikonsumsi setiap hari adalah brokoli.

Sumber informasi kesehatan menyebutkan, brokoli bagus sekali untuk tubuh lantaran banyak sekali manfaat bila kita sering megonsumsi jenis sayuran ini. Pasti kamu gak sabar kan untuk lebih tahu manfaat bisa kita sering mengonsumsi jenis sayuran ini. Penasaran? Simak informasinya berikut ini.

1. Mencegah kanker

Siapa sangka bahwa brokoli yang sering kita makan ternyata mampu untuk membunuh sel jahat. Hal ini didasarkan dari para penelitian. Para peneliti menyatakan, bahwa kandungan yang ada pada brokoli memiliki vitamin dan nutrisi. Kandungan inilah yang membuat brokoli bisa menjadi senjata ampuh untuk melawan sel-sel jahat yang bisa menyebabkan penyakit kanker, dan penyakit lainnya.

Jenis sayuran ini termasuk ke dalam cruciferous. Apa itu cruciferous itu? dilansir dari situs vemale.com bahwa cruciferous adalah sayuran yang dapat berperan untuk membunuh sel-sel jahat. Perlu kamu ketahui juga ya, sel jahat ini ternyata bisa menyebabkan seseorang mengidap penyakit kanker. Hal inilah yang membuat brokoli termasuk sayuran istimewa untuk dikonsumsi.

Hal lain juga disebutkan bahwa penelitian dari American Cancer Society menyebutkan, ternyata ada sesuatu nutrisi yang bernama sulforaphane dan indole 3-carbinol yang ada pada sayuran brokoli. Kandungan sulforaphone dan indole 3-carbinol ini sangat baik sekali untuk tubuh dimana kandungan tersebut sangat berperan aktif dalam kandungan antioksidannya.

2. Mengobati kolestrol

Kenapa sih sayuran brokoli bisa mengobati kolestrol? Nih saya kasih tau. Menurut peneliti yang bernama Jarzabkowski yang berasal American Cancer Society menyebutkan, kolestrol bisa kamu cegah bila kamu rajin mengonsumsi sayuran brokoli. Selain bisa untuk dicegah, brokoli juga mampu untuk menurunkan kadar kolestrol.

Brokoli memiliki senjata yang ampuh diataranya memiliki beberaa nutrisi yang bisa mengikat kolestrol dalam darah. Dengan begitu, kamu yang memang memiliki kadar kolestrol yang tinggi tentunya dapat membuat kondisi badan kamu menjadi sehat terus.

3. Menjaga kesehatan jantung

Patut kamu nih buat seseorang yang mengidap penyakit jantung? Seseorang yang memang ingin menjaga kesehatan jantungnya, disarankan untuk mengonsumsi jenis sayuran brokoli. Hal ini dkarenakan, brokoli memiliki nutrisi yang bernama sulforaphane. Apa itu sulforaphane? Sulforaphane merupakan sejenis nutrisi yang bisa membantu kesehatan jantung kamu.

Tak hanya untuk kesehatan jantung juga, kandungan nutrisi pada brokoli tersebut buat kamu selalu sehata terus khususnya untuk pembuluh darah kamu.

Penulis: Lindra Nurbani Rahman

Artikel lainnya: Cara Membuat Brokoli Goreng Tepung

Comment di sini